Air terjun resun

Tempat Wisata Kabupaten Lingga yang Patut Dikunjungi Wisatawan



Lingga, KepriDays.co.id – Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau merupakan daerah kepulauan yang terletak di sisi timur Tanjungpinang dan Batam, terdiri dari 531 pulau besar dan kecil yang sangat berpotensi untuk dijadikan tujuan wisata.

Wilayah yang di juluki Bunda Tanah Melayu ini menyimpan banyak keindahan alam yang layak untuk dikunjungi dan tak kalah dengan spot – spot yang ada di kabupaten/kota lainnya baik dari pecinta petualangan hingga budaya.

Adapun KepriDays.co.id telah merangkum berbagai tempat wisata yang patut dikunjungi wisatawan buat berlibur ke Lingga sebagai berikut:

1. Gunung Daik bercabang tiga.

Gunung Daik mempunyai tiga puncak yang membuatnya juga lazim disebut dengan Gunung Daik Tiga. Dengan ketinggian 1.165 m (3.822 kaki) cukup menjanjikan bagi pecinta petualangan, namun diperlukan skill khusus dalam mendakinya.

Sebab kesulitan mendaki telah diakui oleh dunia sehingga tidak sembarangan pendaki yang bisa menikmati keindahan dari puncak Gunung Daik.

2. Pulau Benan yang mempesona.

Pulau yang dapat di tempuh 90 menit dari ibu kota Provinsi Kepri ini memiliki Sajian utama wisata bahari. Pantai dengan pasir putih dan lautnya biru yang jernih semakin eksotik oleh rindang dan liuknya ratusan batang bohon kelapa yang ditiup angin.

Bagi pencinta fotografi, bisa berburu foto indah dengan nuansa hamparan pemandangan atau menangkap aktivitas masyarakat yang beragam.

3. Air Terjun Resun.

Terletak di Desa Resun Kecamatan Lingga Utara,  pengunjung akan diaajikan sensasi segarnya air terjun lima tingkat dan kolam alami yang besar.

Aliran Air terjun ini tak pernah berhenti meski musim kemarau. Air terjun Resun ini punya kemiringan 45 derajat sehingga air tidak langsung terjun ke dasar tetapi mengalir di dinding landasan.

Beningnya air seolah mengajak setiap tamu yang datang untuk segera turun menikmati kesegarannya.

4. Pulau Berhala.

Pulau Berhala
Pulau Berhala

Pulau ini bisa terletak di Desa Berhala, Kecamatan Singkep Selatan Kabupaten Lingga. Pulau berhala memiliki pantai yang sangat indah dengan batuan granit seperti di kawasan Belitung.

Pulau ini menjadi salah satu spot snorkeling favorit wisatawan yang berkunjung, karena alam bawah laut yang masih cukup terjaga dengan kondisi terumbu karang yang tubuh alami.

5. Istana Damnah.

Istana Damnah adalah salah satu objek wisata yang sangat mengandung sejarah yang berada di dalam hutan belantara di kampung Damnah, Kabupaten Lingga.

Istana Damnah dibangun oleh Yang Dipertuan Muda Riau X (1857-1899 M), Raja Muhammad Yusuf Al-Ahmadi. Maksud pembangunan istana ini ialah untuk kediaman Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah II yang sebelumnya tinggal di Istana Kota Baru. Disini pengunjung akan di bawa ke dimensi kerajaan Melayu yang kental.

6. Masjid Jami’ Sultan Lingga.

Masjid Jami Sultan
Masjid Jami Sultan

Masjid yang dibangun tahun 1800 M waktu jaman pemerintahan Sultan Mahmud Liatsyah, Sultan Lingga I. Bangunan mesjid ini dapat inspirasi dari arsitek semasa kesultanan, yang merupakan masyarakat Lingga.

Di dalam kompleks masjid terdapat makam Pahlawan Nasional Republik Indonesia Ahli Strategi Griya Laut yaitu Sultan Mahmud Riayat Syah III.  Pokoknya pengunjung di hilangkan yang bersifat sejarah dan religius.

Bahkan tetua di Kabupaten Lingga mengatakan belum pernah ke Kabupaten Lingga jika Belum pernah ke Masjid Jami’ Sultan Lingga ini. (CR24)

Baca juga:

One thought on “Tempat Wisata Kabupaten Lingga yang Patut Dikunjungi Wisatawan

  • Masih banyak tempat wisata lainnya di Kabupaten Lingga, seperti sumber mata air panas di kaki gunung lanjut, air terjun bedegam desa lanjut, namum hanya itu yang disajikan disini.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *