oleh

Sebab Munculnya Jerawat pada Remaja

Dunia, KepriDays.co.id – Masalah kulit pada orang dewasa dan remaja atau mereka yang belum genap 25 tahun berbeda-beda. Biasanya, para remaja mengeluh kulitnya berminyak dan gampang berjerawat.

Peneliti dan penasehat dermatologis Amway Asia Beauty Innovation Center, Jenny Lee mengatakan beberapa penyebab yang berkontribusi pada munculnya jerawat.

“Pertama produksi minyak berlebih yang dipicu oleh faktor hormonal, sel kulit mati, proliferasi bakteri, dan terjadi inflamasi,” kata Jenny Lee dalam keterangan tertulis dari Amway Asia Beauty.

Inflamasi yang terjadi pada kulit memicu munculnya bintik hitam atau hiperpigmentasi, bengkak, gatal, sampai kemerahan pada kulit.

Karena itu, Jenny Lee mengingatkan satu hal penting untuk mencegah jerawat dan mengurangi minyak pada kulit. “Jaga kebersihan kulit dan gunakan produk perawatan yang tepat,” ucapnya.

Menjaga kebersihan kulit bisa dilakukan dengan cara mencuci wajah atau dengan menggunakan pembersih yang lembut.

Selain itu, dia menyarankan para remaja memakai produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulitnya. Jika memiliki kulit berminyak, pastikan memakai produk yang tertera ‘non-comedogenic’.

Label non-comedogenic artinya produk kecantikan tersebut tidak menyebabkan pori-pori kulit tersumbat sehingga memicu munculnya komedo.

Adapun remaja dengan kulit kombinasi disarankan memakai produk kecantikan dengan tekstur losion atau gel. Khusus pemilik kulit sensitif bisa memakai produk yang tertera ‘suitable for sensitive skin’ dan ‘allergy-tested’.

Satu lagi kebiasaan para remaja yang dapat memicu munculnya jerawat adalah kebiasaan bergonta-ganti produk kecantikan. Bisa dimaklumi karena mumpung masih muda, mereka kerap mencoba berbagai produk kecantikan dan bereksperimen dengan aneka makeup. Belum lagi masa pubertas yang mempengaruhi hormon plus pola konsumsi makanan yang cenderung kurang sehat.

Bagi remaja yang memiliki kulit berminyak, Jenny Lee mengatakan, bukan berarti mereka tidak butuh atau menghindari pelembap. Sebab, semua jenis kulit membutuhkan air, termasuk kulit berminyak sekalipun. Sedangkan fungsi pelembap adalah menyeimbangkan kadar air dan minyak.

“Mereka yang memiliki kulit berminyak sebaiknya memakai pelembap yang bebas minyak dan bertekstur ringan,” kata Jenny Lee. Jenis pelembap yang dipakai juga sebaiknya mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas pada polusi, yang mengakibatkan garis-garis halus, kusam dan warna kulit tidak merata.

Head of Marketing Amway Indonesia, Dharmaparayana Sthirabudhi mengatakan produk dasar perawatan kulit Essentials by Artistry bisa menjadi jawaban dari kekhawatiran para remaja yang kulitnya berminyak dan rentan berjerawat.

“Essentials by Artistry menggunakan bahan alami, seperti lidah buaya dan chamomile, meadowsweet dan witch hazel plus zinc untuk mengontrol minyak berlebih,” katanya. (TIM REDAKSI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *