oleh

Destinasi Wisata Kampung Pelangi Tanjungpinang Diresmikan Raja Ariza

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Kampung Melayu merupakan daerah pesisir yang terletak di Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur kini telah menjadi sebagai kampung pelangi yang menjadi destinasi wisata baru Kota Tanjungpinang diresmikan oleh Penjabat Walikota Tanjungpinang Raja Ariza, Kamis (10/5) sore.

Dalam sambutannya Raja Ariza mengaharapkan kampung wisata ini tidak hanya dicat warna-warni seperti ini saja, akan tetapi rumah-rumah masyarakat ini agar dapat menjadi rumah produksi berbagai kerajinan.

“Tentunya tidak hanya sekedar dicat warna-warni saja, tapi masyarakat sekitar harus diberdayakan untuk menjadi rumah produksi. Tidak hanya dengan diberikan modal saja akan tetapi juga akan ada pelatihan sehingga pruduk yang di hasilkan dapat memiliki standard yang bagus dan memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung,” ungkapnya.

Selain itu, Ariza mengatakan, kampung ini merupakan sebuah kampung yang unik sekali dan memiliki nilai historis.

“Kedepannya kita berharap rumah-rumah penduduk dapat kita tata kembali dan juga dapat dibentuk kelompok sadar sampah melalui RT, RW dan Lurah, sehingga sampah dilaut ini dapat dikurangi. Kampung ini unik dan memiliki nilai historis yang berkaitan erat dengan sejarah kebesaran kerajaan Melayu pada zamannya,” jelasnya.

Sedangkan Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, H. Raja Kholidin mengharapkan konsep Kampung Pelangi ini diharapkan dapat menjadikan kampung melayu ini sebagai destinasi baru untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Tanjungpinang.

“Tujuan dijadikannya kampung melayu ini sebagai pesona wisata Tanjungpinang dan juga sebagai wadah kreatifitas tanpa meninggalkan aspek kebudayaan. Menjadikan daya tarik destinasi baru di Kota Tanjungpinang serta menstimuslus perekonomian masyarakat dengan menjadikan pariwisata sebagai mata pencaharian dan meningkatkan kunjungan pariwisata di Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Kemudian Kholidin juga berharap akan ada sinergi atau keterlibatan masyarakat sekitar dan mewujudkan Kampung Pelangi juga sebagai kampung kreatif yang menampung hasil kreativitas masyarakat sekitar.

“Selain itu menjadi kampung wisaya, Kampung Melayu ini dapat mencipkan keterlibatan masyarakat melalui bebrbagaikegian mulai dari pembuatn sovenir, membatik dan lain-lainnya,” kata Kholidin. (RNN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *