oleh

90 ASN Tanjungpinang akan Pensiun

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Sebanyak 90 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Tanjungpinang dari berbagai instansi, mengikuti kegiatan Pembekalan Pra Purnabakti yang ditaja oleh Sekretariat Korpri Kota Tanjungpinang di Hotel Plaza Tanjungpinang, Rabu (1/8) kemarin.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono.

Dalam sambutannya Riono mengatakan, kegiatan ini guna mempersiapkan masa depan bagi para ASN yang akan memasuki masa purna bakti. Ia juga berharap kegiatan ini berkesinambungan setiap tahunnya.

“Peserta akan diberi materi ilmu berwiraswasta dan akan di ajak mengamati langsung ke perkebunan buah naga di Toapaya, Bintan,” paparnya.

Riono juga berpesan agar para peserta siap menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi setelah pensiun. “Hal yang lebih penting adalah mempersiapkan mental kita, jangan sampai ada pemikirian pesimis, diri merasa tidak berguna ataupun patah semangat. Pensiun adalah istilah kepegawaian saja, didalam kehidupan tidak ada istilah pensiun. Ada pepatah orang-orang tua dulu, masa muda masa berkarya, masa tua masa bahagia. Untuk itu tetap bersemangat dalam menjalani hari-hari pada saat sudah pensiun,” ungkapnya.

Kemudian, Riono juga berpesan, selama perjalanan karier di pemerintahan banyak pengalaman yang bisa dimanfaatkan baik pemikiran maupun tenaga untuk kepentingan masyarakat tempat berada.

“Semangat berbuat sesuatu yang bermanfaat, jangan patah semangat karena hal ini menjadi pemicu munculnya penyakit. Semangatnya harus tetap menggelora. Rejeki itu datang dengan sendirinya. Yang terpenting mau menunjukkan bahwa kita mampu melaksanakan setiap amanah yang diberikan kepada kita dan performance seperti itu tidak terbatas dalam lingkungan kedinasan saja, dimanapun para peserta dapat menunjukkan dedikasi dan integritas dalam  berbagai aspek kehidupan,” tuturnya.

Sementara Hj. Sundari Sekretaris KORPRI Kota Tanjungpinang mengatakan, program pembekalan bagi anggota KORPRI ini merupakan salah satu program pendidikan untuk menyiapkan anggota KORPRI manakala memasuki masa purna bakti dapat merintis bisnis/usaha yang bermanfaat.

“Korpri tidak hanya membekali bina lingkungannya atau ilmunya saja, akan tetapi Korpri memberikan pemahaman agar masa pensiun dapat menyesuaikan diri dengan kemampuan dan keterampilan,” ungkap Sundari.

Sedangkan pembekalan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yakni dimulai sejak 1-3 Agustus mendatang. Dengan menghadirkan narasumber dari Dewan Korpri Nasional dan dari Taspen Cabang Tanjungpinang.

Dihari terakhir, para peserta diajak untuk melihat perkebunan buah naga dan mempelajari sistem budidaya buah naga di Toapaya, Bintan. Peserta merupakan ASN dari berbagai instansi dan yang terbanyak dari kalangan guru dan kepala sekolah yang akan memasuki masa purnabakti. (RNN)