oleh

Rahasia Asal-usul Berlian Biru

Dunia, KepriDays.co.id – Asal usul berlian biru atau dikenal sebagai blue diamond, salah satu batu paling langka di dunia, tidak diketahui oleh para ilmuwan selama berabad-abad. Namun sekarang, beberapa rahasia batu permata kuno ini muncul ke permukaan.

Setelah mempelajari sedikit mineral yang terperangkap dalam prisma yang berkilauan, para ilmuwan menemukan berlian biru yang terbentuk jauh lebih dalam dari perkiraan sebelumnya.

Sebagian besar berlian berasal dari sekitar 161 kilometer di bawah permukaan bumi, dan diperkirakan keluar karena letusan gunung berapi. Batu berwarna laut ini sesuatu yang berbeda dari berlian lainnya, yang terbentuk empat kali lebih dalam, yaitu sampai 661 kilometer, menurut temuan dari penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature.

“Kami sekarang memiliki gambaran dari tempat kelahiran berlian ini,” kata Evan Smith, seorang ilmuwan peneliti di Gemological Institute of America dan penulis utama studi ini, sebagaimana dikutip Popular Science, Selasa, 7 Agustus 2018.