oleh

Dewan Pers Verifikasi SMSI Sumbar

Padang, KepriDays.co.id – Dewan Pers lakukan verifikasi faktual keberadaan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatra Barat di sekretariat SMSI, Jl Jhoni Anwar, Lapai, Padang, Kamis (6/9/2018) sore.

Verifikasi ini dipimpin Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers, Anthonius Jimmy Silalahi didampingi sejumlah staf sekretariat Dewan Pers.

Saat melakukan verifikasi, tim memeriksa satu per satu berkas kelengkapan administrasi keanggotaan. Kelengkapan administrasi yang ditelisik sesuai dokumen standar verifikasi faktual yakni mulai dari status kantor berikut kelengkapan sarana pendukungnya.

Kemudian, kelengkapan administrasi perusahaan anggota SMSI seperti akta notaris berupa perusahaan terbatas (PT), SIUP, TDP, SITU HO, NPWP hingga penanggung jawab media harus berkompetensi utama (UKW Utama).

“Kewajiban berbadan hukum PT ini, sebenarnya untuk kita juga. Di mata hukum, ada pemisahan yang jelas antara kekayaan pemilik dengan badan usaha yang dikelola, jika berstatus PT,” katanya.

Sebanyak 18 dokumen kelengkapan administrasi perusahaan media siber anggota SMSI Sumbar, diteliti satu per satu oleh Jimmy.

Pada kesempatan itu, Jimmy mengapresiasi SMSI Sumbar yang dinilai serius menghadapi verifikasi yang akan berujung pada keputusan, menjadikan SMSI sebagai salah satu konstituen (anggota) Dewan Pers.