oleh

Pengerjaan Jalan Lingkar Gurindam 12 Ditargetkan Selesai 2020

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun optimis Proyek Gurindam 12 bisa tepat waktu. Sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan masyarakat.

Menurutnya, pembangunan jalan lingkar Gurindam 12 tersebut merupakan instrumen yang tepat selain dapat memberikan nuansa baru bagi wajah Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri.

“Berbagai kegiatan besar dapat digelar dititik lokasi ini dan lebih khusus lagi dapat mengurai kemacetan serta meningkatkan perekonomian daerah,” ujar Nurdin saat acara doa selamat dalam rangka di mulainya pekerjaan Penataan Kawasan Pantai Gurindam 12 di Ocean Corner, Taman Laman Bunda, Tepi Laut, Tanjungpinang, Jumat (12/10) kemarin.

Gubernur Nurdin yakin dengan telah selesainya proyek ini nanti, banyak kegiatan strategis yang dapat di kembangkan. Seperti perlombaan-perlombaan laut yang lebih bisa dinikmati masyarakat dengan maksimal, kawasan yang luas yang dapat digunakan untuk kegiatan besar dan Nurdin mengkhususkan untuk menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) disamping dapat juga digunakan untuk kegiatan lainnya.

Diberikannya nama Gurindam 12 sendiri berkaca dari posisi letak kawasan yang sedang dalam pembangunan ini, berada tepat di depan Pulau Penyengat.“Itu menjadikan dasar karna Gurindam 12 lahir di Pulau Penyengat,” cerita Nurdin.

Nurdin juga meyakinkan bahwa pengerjaan proyek ini akan tetap berjalan dan ditargetkan dapat selesai pada Tahun 2020 mendatang.

“Pembangunan memang mahal tapi kita akan tetap fokus, tidak akan mengorbankan kegiatan lainnya,” tambah Nurdin.

Setelah rangkaian acara di Ocean Corner selesai, Gubernur beserta Walikota Tanjungpinang melanjutkan ke Destinasi Pariwisata Baru di Kawasan Teluk Kriting bertempat di depan SMAN 5 Tanjungpinang. Penataan Kawasan Teluk Keriting sendiri merupakan salah satu bagian dari rangkaian lengkap pembangunan kawasan jalan lingkar Gurindam 12.

Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul bersama Wakil Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP juga ikut dalam tahap awal pengerjaan pembenahan kawasan Teluk Keriting tersebut yang di tandai Gubernur Nurdin dengan pengecatan perdana dinding-dinding rumah masyarakat.

Nurdin ingin prospek pembenahan kawasan Teluk Keriting menjadi wahana pariwisata baru di Ibu Kota, dengan konsep rumah di kawasan tepi laut, bewarna-warni dan akan di benahi seindah mungkin. Pembenahan itu mulai dilakukan dengan merehab 124 rumah.

“Kita buat semenarik mungkin. Untuk rumah-rumah diharapkan menghadap ke laut. Biar makin menarik ketika dipandang,” kata Nurdin.

Ada juga pembangunan jalan beton untuk memperlancar pergerakan di kawasan tersebut dengan lebar jalan 3 M, Nurdin berpesan kepada Kepala Dinas Perkim Provinsi Kepri, Ir. Heru Sukmoro agar nantinya jalan bisa di beri keramik untuk memperindah lokasi. (*)