oleh

Isdianto: Sekda Harus Mampu Menjadi Koki yang Baik

-Wagub Kukuhkan FORSESDASI Kepri Periode 2018-2021

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Wakil Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto mengukuhkan pengurus komisariat wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indoneaia (FORSESDASI) Kepri periode 2018-2021 di hotel CK Tanjungpinang, Selasa (4/12).

Adapun nama-nama pengurus FORSESDASI Kepri periode 2018-2021 yang dikukuhkan pada kesempatan ini adalah Sekdako Tanjungpinang Drs. H. Riono sebagai ketua dan Sekdako Batam H. Jefridin sebagai wakil ketua, sedangkan Sekdakab Bintan Adi Prihantara sebagai sekretaris.

Selanjutnya Sekdakab Natuna Wan Siswandi menjabat sebagai wakil ketua bidang hukum, Sekdakab Karimun Drs. M Firmansyah wakil ketua bidang sumber daya manusia, Sekdakab Anambas Syahtiar wakil ketua bidang Pemerintahan dan Sekdakab Lingga Juramadi Esram sebagai wakil ketua bidang ekonomi dan pembangunan.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Kepri Isdianto mengatakan bahwa sukses atau tidak reformasi birokrasi di daerah sepenuhnya berada di tangan para Sekda yang ada.

Oleh sebab itu, lanjut Isdianto, seorang Sekda harus mampu menjadi koki yang baik karena setiap saat selalu dihadapkan dengan daftar menu yang berbeda-besa.

“Pesan saya agar para Sekda mampu menjadi koki yang baik. Ingat setiap waktu menu yang harus disajikan selalu berbeda-beda. Enak atau tidak rasa makanan yang dihasilkan tergantung kepada para Sekda,” kata Isdianto dihadapan para Sekda se Kepri.

Selain itu Sekda juga harus mampu menjadi pemersatu dan apapun kebijakan harus yang pro masyarakat dan pro ASN. Setiap peraturan yang dibikin sebisa mungkin tidak terlalu menekan ASN karena iklim setiap daerah itu saling berbeda-beda sehingga tidak bisa pola pikir ASN disama ratakan satu daerah dengan daerah lainnya.

“Intinya saya berharap forum FORSESDASI ini tidak hanya sekedar wadah silaturaim saja. Tetapi harus menghasilkan yang lebih dari itu. Dan saya ingatkan juga bahwa Sekda adalah contoh bagi para ASN. Makanya harus beri contoh yang baik. Baik dalam masalah disiplin, pekerjaan dan lainnya. Tujuannya satu, yakni agar Pemprov Kepri ini nanti menjadi lebih baik,” tegas Isdianto.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah yang juga sebagai wakil ketua bidang ekonomi dan pembanguna FORSESDASI pusat, dalam kesemoatan ini mengatakan bahwa FORSESDASI merupakan wadah silaturahim dan kebersamaan antar sesama Sekda.

Melakui forum inilah para Sekda saling bertukar wawasan, pengetahuan dan saling memberikan masukan. Hal ini berkaitan karena setiap saat selalu ada aturan-aturan yang berganti.

“Para Sekda dituntut untuk banyak tahu. Karena tugas sekda adalah membantu Kepala Daerah dalam menyelesaikan administrasi. Serta memberikan pelayana dan memperbaiki reformasi birokrasi,” kata Arif Fadillah.

Arif juga mengatakan jika rapat FORSESDASI ini dilakukan setiap tahun di tempat yang berbeda-beda.

Usai pengukuhan acara dilanjutkan dengan forum diskusi dengan menghadirkan beberapa narasumber. Salah satu narasumbernya adalah Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Suhajar Diantoro. Yang mana Suhajar juga diketahui sebagai mantan Rektor STPDN dan juga mantan Sekdaprov Kepri.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *