Categories: HEADLINE TANJUNGPINANG

Penderita HIV Terus Bertambah, Rustam: Jangan Suka Selingkuh

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Kasus baru penderita HIV yang terdata oleh Dinas Kesahatan Kota Tanjungpinang diakhir tahun 2019 ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu berkisar 100 orang. Itu berarti jumlah penderita terus mengalami penambahan dari tahun ketahun.

Demikian dikatakan Kepada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam, kepada awak media usai penyerahan bantuan dampak bencana alam, di halaman Kantir Kelurahan Tanjung Unggaf, Senin, (02/12/2019) kemarin.

“Setiap tahun rata-rata berkisar 100 kasus baru, dan yang meninggal dunia kurang lebih 25 orang per tahun. Totalnya yang masih hidup kurang lebih 600-an hingga 700 orang,” kata Rustam.

Untuk menghindarinya, ia menghimbau agar masyarakat itu melakukan sex yang aman, yaitu, jangan melakukan sex sebelum menikah. Dia merekomendasikan untuk rajin berpuasa.

“Kemudian setia dengan pasangannya, jangan suka selingkuh dan hindari tempat-tempat yang beresiko,” kata Rustam.

Lanjutnya, mencegah HIV itu bukan hanya peran pemerintah saja, tapi juga peran orang tua masyarakat, karena ada juga remaja yang terkena, walaupun tidak banyak.

“Yang banyak itu yang dewasa, atau mungkin ketahuannya setelah dewasa. Apakah mulainya dari remaja juga tidak tahu,” katanya.

Kalau pemerintah perannya melalui program-program, seperti edukasi, penyuluhan, sosialisasi, deteksi dini, skrining darah. Untuk yang sudah kena, diminta agar pengobatan berkesinambungan, jangan putus obat, dan lainnya.

Untuk edukasi ke masyarakat, ia mengatakan, kalau HIV itu di dalam tubuhnya ditemukan virus HIV.

“Kalau AIDS itu, sudah ada inveksi oportunustik, maksudnya inveksi yang menyertai penurunan kekebalan tubuh,” jelasnya.

Wartawan: Munsyi Untung
Editor: Ikhwan