oleh

Dua ABK Sabuk Nusantara 48 Positif Covid-19


Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Dua orang Anak Buah Kapal (ABK) Sabuk Nusantara 48 positif virus Corona atau Covid-19. Kedua ABK itu dinyatakan positif sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kota Batam, Provinsi Kepri.

“Pada hari ini kami sampaikan penambahan dua kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan ABK Sabuk Nusantara 48 sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR yang baru kami terima dari BTKLPP Batam,” ujar Plt. Wali Kota Tanjungpinang dalam rilisnya, Kamis (28/5/2020).

Adapun kedua ABK yaitu Tn. MR, laki-laki, umur  29 tahun, Kartu Tanda Penduduk (KTP) Maluku Barat (Provinsi Maluku), pekerjaan Juru mudi dan Tn. YU, laki-laki, umur 37 tahun, KTP Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Pekerjaan juru masak atau koki.

Pada 23 Mei 2020 sudah dilakukan Rapid tes terhadap 23 Kru dan 4 penumpang KM Sabuk Nusantara 48 dengan hasil 2 orang reaktif dan 25 orang non reaktif.

Kru kapal yang reaktif langsung dikarantina di Rumah Singgah Provinsi Kepri. Kemudian dilakukan Swab hidung atau tenggorokan pada taggal 24 dan 25 Mei 2020 dan hasilnya keluar pada 28 Mei 2020 dan hasil PCR keduanya dinyatakan Positif.

Adapun rute kapal KM Sabuk Nusantara 48 tersebut Tanjungpinang – Tambelan – Selat Lampa (Natuna) – Sintete (Sambas) – Tambelan – Tanjungpinang – Lingga – Tanjungpinang, dst.

Saat ini, tambahnya, Tim Gerak Cepat sedang melakukan pelacakan untuk mendalami riwayat yang bersangkutan dan memetakan serta melakukan pemeriksaan swab atau Rapid Test  terhadap para kontaknya termasuk para penumpang yang menggunakan jasa pelayaran KM Sabuk Nusantara 48 dalam upaya memutus rantai penularannya.

Selain itu besok, Jumat (29/5/2020) akan dilakukan pengambilan swab pada seluruh kru KM Sabuk Nusantara 48 bersama dengan tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang.

“Semoga Allah SWT memberkati kita dan melindungi kita semua. Amiin Ya Robbal Alamin,” tutupnya.

Diketahui, sejauh ini kasus positif Covid-19 di Kota Tanjungpinang berjumlah 27 orang. Diantaranya, sembuh 20 orang, sedang menjalani perawatan 4 orang dan meninggal dunia 3 orang.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *