oleh

ASN Dilingkungan KPU Ikuti Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar pelatihan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kepri tentang dasar tata kelola Pemilihan Umum (Pemilu).

Ketua KPU Provinsi Kepri Sriwati mengatakan, pelatihan ini diikuti sebanyak 112 PNS yang terdiri dari Sekretaris, Kepala Bagian, Kasubag, juga para staf dilingkungan KPU Provinsi dan Kabupaten/kota di Kepri.

“Kegiatan ini untuk mematangkan kesiapan sekretariat dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 dan kegiatan ini tidak hanya diselenggarakan di Provinsi Kepri, melainkan di seluruh provinsi di Indonesia,” katanya di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (21/6/2022) belum lama ini.

Pada pelatihan ini, tambahnya, menghadirkan dua narasumber yang menyampaikan materi, yakni, anggota tim pakar Setjen KPU RI Nazir Salim Manik dan Tenaga Ahli Setjen KPU RI Mohammad Fadillah.

“Mereka hadir untuk menguatkan pemahaman jajaran sekretariat mengenai konsep dasar-dasar pemilu dan kepemiluan, serta fungsi kesekretariatan dalam penyelenggaraan pemilu independen. Utamanya, terkait relasi kesekretariatan dengan komisioner dan pihak eksternal,” jelasnya.

Sedangkan, Plt Sekretaris KPU Provinsi Kepri Dirja Abdul Kadir menyampaikan beberapa arahan kepada ASN dalam kegiatan tersebut. Ia meminta agar jajaran sekretariat KPU harus memahami aturan dan manajemen tata kelola pemilu.

“Kita semua harus memahami dan mempedomani kode etik ASN dan kode etik perilaku penyelenggara pemilu dalam menjaga integritasnya di setiap tahapan,” kata Dirja.

Ia pun meminta agar sekretariat KPU harus mendukung secara maksimal hasil rapat pleno pimpinan atau komisioner dengan membangun soliditas internal dan memaksimalkan sinergi antar-stakeholder.

“Terus update kompetensi dan kapabilitas kepemiluan agar dukungan kesekretariatan bisa dilakukan secara maksimal,” harapnya.

Sementara pelatihan dasar tata kelola Pemilu ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Kepri Sriwati dan dihadir para anggota KPU Kepri Parlindungan Sihombing, Arison, dan Priyo Handoko.

Wartawan: Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *