oleh

Sekda Kepri Ajak Ormas dan LSM Berperan Aktif Dukung Program Pemerintah

Batam, KepriDays.co.id -Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepulauan Riau Adi Prihantara membuka kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Organisasi Masyarakat/LSM yang sesuai dengan peraturan perundangan bagi Mahasiswa dan Organisasi Pemuda.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepri yang digelar di Beverly Hotel, Kota Batam, Kamis, (30/6/2022).

Adapun peserta sosialisasi ini diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari berbagai elemen mulai dari Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kepemudaan, LSM, Organisasi Kemahasiswaan dan juga dari Organisasi Keagamaan yang ada di Provinsi Kepri.

Adapun narasumber pada acara sosialisasi ini diantaranya, Anggota Komisi I DPRD Kepri Taba Iskandar, Venni Meitaria Detiawati, S.P.,M.Eng, Kepala Badan Keuangan Dan Aset Daerah Prov Kepri, Zamzami A Karim ,M.A. Pakar Politik dan Dosen Stisipol Raja Haji Tanjungpinang.

Adi Prihantara mengatakan Pemerintah Provinsi Kepri menyambut baik kegiatan Pembinaan Ormas yang diselenggarakan Badan Kesbang Provinsi Kepri dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman, bahwa ormas memiliki peran aktif dalam mendorong setiap program pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah.

Pemerintah memiliki kewajiban melakukan pembinaan untuk mendayagunakan peran ormas sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam pembangunan secara swadaya.

“Ormas juga punya peran dalam pembangunan  yaitu bekerjasama dengan pemerintah serta menjaga dan memelihara keamanan dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

Kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini, Sekda Adi mengajak untuk memanfaatkan organisasi kepemudaan ini sebagai wadah untuk pengembangan potensi kepemimpinan dan sebagai wadah untuk menyampaikan ide serta gagasan guna bersama memajukan bangsa.

“Jadi berorganisasi itu bukan sekedar kumpul-kumpul, berteriak sana-sini akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana pemuda dapat memberikan kritik dan saran untuk pembangunan,” ujarnya.

Dirinya juga mengajak ormas kepemudaan ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam hal pemulihan ekonomi paska pandemi covid-19 yang terjadi kurang lebih 2 tahun lamanya.

“Saya mengajak adik-adik mahasiswa dan para pemuda untuk bersama menjaga kondusivitas agar investasi dapat tumbuh dan berjalan baik. Berbagai cara juga telah dilakukan pemerintah untuk pemulihan ekonomi dari sisi kepariwisataan diantaranya mempercepat pelaksanaan vaksin booster, mempermudah akses masuk wisman, peniadaan PCR untuk wisman, penurunan biaya Visa on Arrival  serta penurunan harga tiket kapal. Mari kita semua mendukungnya agar program ini dapat berjalan sehingga ekonomi kita kembali tumbuh positif,” ajaknya.

Terakhir kepada peserta sosialisasi dan pembinaan Ormas/LSM yang sesuai dengan Peraturan Perundangan bagi Mahasiswa dan Organisasi Pemuda Se-Provinsi Kepri, Adi berpesan untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.

“Manfaatkan kegiatan ini untuk peningkatan diri dan memperluas wawasan. Terus belajar dan tingkatkan kompetensi karena daerah akan maju jika memiliki SDM yang handal dan berdaya saing,” tutupnya.

Turut hadir pada acara ini Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri Bobby Jayanto, beberapa Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kepri, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Lamidi, Kepala BPKAD Venni Meitaria, Kepala Dispora M.Ikhsan, Inspektur Daerah Irmendes, serta perwakilan ormas FKDM, FKUB, FKP dan FKPT.

Secara keseluruhan acara sosialisasi ini berjalan dengan baik, tertib dan lancar, semua peserta mengikuti dengan serius namun santai dan penuh kekeluargaan.

Wartawan: Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *