oleh

Ngemil Bisa jadi Cara Diet Baru


Dunia, KepriDays.co.id – Biasanya makan cemilan memiliki reputasi buruk, hal ini disebabkan karena identik dengan makanan yang tidak sehat. Juga biasanya makan di antara waktu makan reguler secara bertahap menambah berat badan.

Akan tetapi apakah ngemil selalu dikaitkan dengan kebiasaan tidak sehat? Mungkinkah ini membantu kita menjalani gaya hidup yang lebih sehat?

Mengapa Ngemil Memiliki Reputasi yang Buruk?

Dilansir dari laman Lifehack Senin (29/1), ngemil adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan makan antara makanan biasa, namun tidak secara otomatis berarti makanan buruk.

Ngemil ini terutama dimotivasi oleh kelaparan saat kadar gula darah rendah. Hal ini menyebabkan tubuh mendambakan makanan berlemak atau bergula yang akan membantu menjembatani sampai makanan berikutnya, dan mendapatkan kadar gula darah dalam waktu tercepat. Oleh karena itu, ngemil dikaitkan dengan penambahan berat badan.

Namun, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa jika seseorang memiliki diet sehat dan seimbang umumnya makanan ringan tidak berpengaruh pada berat badan. Gagasan bahwa mengonsumsi kalori ekstra hanya bisa merugikan berat badan adalah premis cacat lainnya. Ada banyak cara agar ngemil bisa membantu Anda menjalani gaya hidup sehat.

Mengapa Ngemil Sebenarnya Bermanfaat untuk Anda?

Jadi mengapa kita harus melihat ngemil sebagai positif daripada negatif? Apakah sudah saatnya membuat ngemil menjadi kebiasaan dalam makanan kita?

Selama Anda memperhatikan jenis makanan ringan yang dimakan, ngemil bisa digunakan sebagai cara menurunkan berat badan, dan membuat Anda merasa seimbang sepanjang hari.

Mencegah Terlalu Banyak Makan

Sementara ngemil bisa dilihat sebagai tambahan kalori ekstra, masuk akal jika Anda mempertahankan diri tetap terjaga sepanjang hari. Anda tidak akan makan berlebihan saat akhirnya datang untuk makan malam. Kelaparan adalah pelakunya, dan ironisnya adalah penyebab utama menambah berat badan.

Merasa kelaparan akan membuat seseorang makan sampai 20 persen lebih banyak dari yang dibutuhkan untuk makan, sehingga ngemil untuk mengekang kelaparan akan membuat Anda makan porsi normal. Pastikan makanan ringan yang dikonsumsi memiliki kalori yang dikontrol.

Membantu Mendapatkan Lebih Banyak Nutrisi

Pintar ngemil bisa menjadi keuntungan bila harus mendapatkan semua kebaikan yang dibutuhkan tubuh. Sulit mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dalam tiga makanan utama terutama jika memiliki hari yang sibuk.

Di sinilah ngemil bisa memberi Anda dorongan ekstra sehat. Camilan rendah kalori yang mengisi dapat membantu kekuatan tubuh sepanjang hari dengan lebih efisien.

Menjaga Tingkat Energi Anda Naik

Kita semua memiliki perasaan lemah dan kehilangan energi saat merasa lapar. Hal ini pada akhirnya tidak mengarah pada hari yang produktif dan menyebabkan tingkat konsentrasi menurun, dan lebih mudah tersinggung.

Ngemil pada dasarnya mencegah hal ini terjadi dan membantu menjaga kesehatan pikiran, serta tubuh positif. Dengan kata lain, ngemil bisa membuat tetap bahagia, dan mencegah penurunan terkait perasaan negatif.

Camilan Sehat Bisa Menciptakan Pilihan Makanan Pintar

Tidak hanya mencegah makan berlebih tapi juga membantu membuat pilihan yang lebih baik saat makan. Jika gula darah terjaga, maka seseorang cenderung tidak meraih piza atau burger, dan sebaliknya mempertimbangkan pilihan yang lebih sehat.

Memilih atau merencanakan makanan ringan yang lebih sehat juga bisa meyakinkan otak bahwa kita ingin melakukan pilihan sehat sampai malam hari. Jadi ngemil protein tinggi, makanan rendah lemak seperti protein shake, plain yoghurt, ‘raw vegetable’, atau kacang dan biji, bisa berarti Anda tidak ingin merusak pekerjaan bagus saat makan siang atau makan malam.

Snack Smart dan menuai manfaatnya

Jadi, ngemil jauh dari buruk jika Anda sadar akan jenis makanan ringan yang dipilih. Mempertahankan kadar gula dan menahan kelaparan Anda akan mengarah pada penghapusan pilihan yang tidak sehat saat mengonsumsi makanan.

Usahakan untuk tidak terlalu sering ngemil, anggap saja hal itu seperti membuat Anda lelah. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, ngemil akan membantu dalam usaha menurunkan berat badan jika dilakukan dengan cara yang cerdas dan penuh perhatian ini. Dan ingatlah, makan camilan hanya jika Anda benar-benar lapar. (TIM REDAKSI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *