oleh

Mitos Seputar Makanan Berserat

Dunia, KepriDays.co.id – Serat adalah komponen penting untuk diet apapun. Serat membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Tetapi meski kaya manfaat, serat dikelilingi mitos yang kejam.

Menurut statistik Public Health England (PHE), kebanyakan orang Inggris tidak mendapatkan cukup serat dari makanan mereka. Rata-rata orang Inggris mengonsumsi 18 gram serat setiap hari, namun angka tersebut jauh di bawah asupan yang direkomendasikan, yaitu 30 gram.

Apa masalah orang sulit mengonsumsi serat? Meskipun penting, ada banyak kesalahpahaman seputar serat, dari seberapa banyak yang dibutuhkan, dari mana serat didapatkan, dan lainnya

Mitos paling umum ketika banyak sumber menyatakan kalau biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan penghasil serat terbaik. Kebanyakan orang lalu berpikir untuk mengonsumsi sereal, padahal makan itu sering dipenuhi dengan gula yang kemudian mengurangi nilai gizi.

Alternatif yang lebih sehat dibanding sereal bisa diperoleh dari gandum utuh atau kacang-kacangan dan karbohidrat kompleks seperti ubi jalar.

Kemudian, mitos tentang hanya ada satu jenis serat. Tentu saja tidak, sebab ada serat larut tersedia dalam oat, kacang-kacangan dan lentil, dan yang tidak larut tersedia dalam gandum, biji-bijian, dan sayuran tertentu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.