oleh

Petani Tanjungpinang Diberikan Pelatihan Menanam Sayur

Tanjungpinang, KeptiDays.co.id – Dinas Pernah Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan pelatihan pengembangan tanaman sayuran kepada seluruh Petani dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di kawasan Bukit Manuk, Kamis (26/4).

Pelatihan dilaksanakan mengingat sayuran memiliki nilai komersil yang tinggi dan sayuran merupakan makanan yang dikomsumsi setiap hari. Pelatihan tersebut diikuti oleh 50 orang petani yang yang terdiri dari beberapa Gapoktan di Kota Tanjungpinang.

Penjabat Walikota Tanjungpinang, Raja Ariza menngatakan, bertani merupakan kegiatan yang menguntungkan. Dengan memajukan pertanian diperlukanan keseriusan dari petani itu sendiri dan bimbingan dari dinas terkait terkhusus DP3.

“Kedisiplinan petani sangat menunjang hasil pertanian untuk itu petani harus tetap bersemangat dan profesional. Yang terpenting dalam bertani adalah keinginan kita meskipun keterbatasan lahan tapi harus tetap optimis meskipun lahan bisa kita manipulasi,” ujarnya.

Ariza juga menambahkan, Tanjungpinang terdiri dari lahan bauksit tapi petani jangan khawatir, karena lahan bauksit ternyata juga berpotensi dan merupakan lahan subur karena lahan bauksit menyimpan air dalam rongga-rongga tanahnya.

“Bertani itu sangat menguntungkan, selama ini kita masih mengimpor sayuran dari daerah lain, dengan jumlah petani kita yang belum begitu banyak. Tapi kita harus optimis kita harus mampu menyaingi petani di daerah Bintan dan lainnya,” katanya.

Sementara dalam kesempatan ini juga 2 kelompok tani yaitu kelompok tani Sejahtera Mandiri dari Kelurahan Kampung Bugis dan kelompok tani Maju Sejati dari Kelurahan Air Raja, mendapat bantuan alat entraktor untuk bertani dari Kementerian Pertanian.

Usai membuka kegiatan pengembangan tanaman sayuran, Ariza berkeliling kebun di bukit manuk dan panen jambu yang sudah berbuah cukup banyak. (RNN)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *