oleh

Angka Inflasi Kepri 1,14 Persen

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Angka inflasi Kepulauan Riau (Kepri) pada Juni 2018 masih diatas angka nasional. Hal ini didata oleg Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri sebesar 1,14 persen, sedangkan inflasi nasional 0,59 persen.

Kepala BPS Kepri Zulkipli mengatakan, inflasi Kepri dipengaruhi oleh inflasi Kota Batam, tercatat inflasi Batam sebesar 1,29 persen.

“Jika ingin mengendalikan inflasi Kepri, Batam diprioritaskan untuk dijaga,” ungkapnya saat pres rilis di Kantor BPS Kepri, Senin (2/7).

Menurutnya, inflasi kota Tanjungpinang masih relatif terkendali. Pihaknya mencatat inflasi Tanjungpinang sebesar 0,24 persen. “Gabungan inflasi kedua kota Batam dan Tanjungpinang sebesar 1,14 persen,” katanya.

Menurutnya, inflasi di Kepri pertama dipegaruhi oleh kelompok transfortasi, komunikasi dan jasa keuangan yang mencapai 3,49 persen.

Kedua, lanjut dia, dipengaruhi oleh kelompok bahan makanan yakni sebesar 1,45 persen. Sedangkan dua kota di Kepri juga dipengaruhi oleh kelompok transfortasi, komunikasi dan jasa keuangan.

Penyumbang inflasi kelompok tersebut di Tanjungpinang sebesar 1,14 persen sedangkan Kota Batam mencapai 3,81 persen.

“Terutama pada komoditas angkutan udara, andil inflasi komoditas angkutan udara di Batam sebesar 0,77 persen, sedangkan di Tanjungpinang sebesar 0,16 perse,” jelasnya. (RNN)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *