oleh

Bersama Ketua RT dan RW, Bawaslu Awasi Money Politik

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Dalam rangka pencegahan dan penguatan pengawasan guna mewujudkan Pemilu yang bersih dan demokratis, Bawaslu Kota Tanjungpinang mengadakan Sosialisasi Pemilu bersama Pengurus Forum Komunikasi RT/RW se-Kota Tanjungpinang, di Hotel BP, Rabu (28/11).

“Sinergi dengan semua pihak merupakan kunci utama dalam mencegah money politik, terutama bersama pengurus RT/RW karena ujung tombak pemerintah dalam memberikan pelayanan dan memelihara ketertiban maayarakat”, ujar Zaini Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang

Zaini menjelaskan menolak dan melawan money politik harus menjadi komitmen kita semua. Diharapkan RT/RW dapat menjadi bagian simpul pengawasan terhadap maraknya dugaan money politik, yang merupakan pelanggaran pidana pemilu. Apalagi keberadaan RT/RW yang berada ditengah-tengah masyarakat bisa dengan cepat mengetahui berbagai informasi dan potensi. Kesadaran melawan money politik ini sejalan dengan fungsi RT/RW dalam Perda No.1 Tahun 2016 tentang Lembaga Kemasyarakatan, dalam menjaga dan menegakkan ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Sehingga apabila terindikasi adanya aktivitas bagi-bagi uang atau sembako segera menginformasikan kepada Bawaslu atau jajaran pengawas, maka kami akan segera bergerak cepat ke lokasi tersebut”, tegas Zaini yang juga Kordiv.Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga

Bahkan masyarakat dapat telpon langsung Bawaslu melalui nomor Call Centre Bawaslu 0822879900688.

Senada dengan Maryamah Kordiv.Hukum dan Penindakan Pelanggaran, menjelaskan akan menindak tegas secara proses hukum terhadap dugaan pelanggaran money politik.

“Sanksinya jelas dan tegas dalam UU 7 Tahun 2017, 2 tahun penjara dan denda 24 juta, bahkan diskualifikasi sebagai caleg”, ungkapnya

Hadir dalam acara sosialisasi sebagai narasumber mewakili Kapolres, Kompol Very dari Polres Tanjungpinang, yang siap bersinergi bersama Bawaslu dalam menciptakan pemilu yang damai dan bersih dari pelanggaran.

Acara diakhiri dengan penuh hikmat, semua peserta RT/RW dengan semangat mengucapkan yel-yel “Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu”.



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *