oleh

Peringati HUT Ke-1, AJI Tanjungpinang Gelar Literasi Media

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Bersempena memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Literasi Media (Litermed) 2018 di Halaman Ramayana Mall, Jalan Wiratno Tanjungpinang, 15-16 Desember mendatang.

Ketua AJI Tanjungpinang Jailani mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan representasi dari Festival Media (Femsed) yang digelar AJI Indonesia secara rutin setiap tahun.

Melalui kegiatan itu, AJI ingin memberikan ruang bagi jurnalis, pengelola media massa baik cetak, online, televisi, radio, media komunitas maupun kalangan pemangku kepentingan media untuk berinteraksi dengan masyarakat.

“Khususnya meningkatkan budaya literasi dan pemahaman akan tugas dan fungsi media di Kota Tanjungpinang,” katanya, Jumat (14/12/2018).

Jay begitu akrab disapa, mengatakan, latar belakang dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mempertemukan para jurnalis, media, dan publik dalam rangkaian kegiatan. Tujuannya, untuk mendidik masyarakat Tanjungpinang agar lebih cerdas dalam bermedia.

“Terutama menangkal berita-berita yang belum jelas kebenarannya,” ujarnya.

Atas dasar itulah, kegiatan ini perlu dilaksanakan di Tanjungpinang. Oleh karenanya, AJI Tanjungpinang sebagai organisasi jurnalis merasa memiliki tanggungjawab untuk menyosialisasikan atau bahkan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih bijak menerima informasi dari berbagai media.

Sementara itu, ketua panitia Litermed 2018 Kurnia Syaifullah menjelaskan, Literasi Media 2018 ini mengangkat tema “Menangkal Bahaya Laten Hoax di Media”. Dimana, kegiatan ini nantinya akan dimeriahkan dengan beragam aktivitas. Mulai dari pameran media, workshop, talkshow seminar, lomba foto, dan acara hiburan lainnya.

Selain itu, penekanan pada Litermed ini juga memberikan pendidikan (literasi) kepada masyarakat agar selektif memilih bacaan, tontonan, serta tulisan dan berita yang didengar, ditengah menjamurnya media online, radio, cetak dan televisi di era digital.

“Kegiatan seperti talkshow dan workshop ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan sesuai tema yang diangkat dalam Litermed 2018,” jelasnya.

Ditargetkan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini akan mengikutkan lebih dari 200 orang. Mulai dari kalangan jurnalis, Perusahaan media, Mahasiswa, Media Komunitas, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) , Organisasi Pers, Lembaga Negara, LSM/Perseroan Terbatas, UKM, masyarakat umum dan lainnya. (*)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *