oleh

Baznas Kepri Salurkan Hewan Kurban di Pulau Pinang, Tambelan

Bintan, KepriDays.co.id – Kepulauan Tambelan adalah sebuah gugusan kepulauan yang berlokasi di Kabupaten Bintan. Ada dua desa yang paling jauh jaraknya dari pusat Tambelan, yaitu desa Pulau Pinang dan Pulau Mentebung.

Untuk ke desa Pulau Pinang harus menempuh 6 jam perjalanan laut dari ibukota Tambelan, dan 9 jam untuk bisa sampai ke Pulau Mentebung.

Menjelang Idul Adha 1440 H/ Tahun 2019 ini, ada semacam kerinduan dari umat Islam di Pulau Pinang. Kerinduan untuk dapat merasakan semarak Idul Adha seperti disampaikan oleh Mulyadi, Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Tambelan sewaktu berkunjung ke Kantor BAZNAS Kepri di Komplek Masjid Raya Nur Ilahi, Dompak-Tanjungpinang.

Mulyadi tertarik ketika melihat flyer BAZNAS Kepri berjudul “Kurban Berdayakan Kepulauan”. Membaca manfaat berkurban melalui BAZNAS, Mulyadi menyampaikan kerinduan umat Islam di Pulau Pinang Tambelan.

Berdasarkan penuturannya, hanya ada 1 Masjid di desa Pulau Pinang, dan sudah beberapa tahun tidak ada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban disana.

“Sudah lama umat Muslim di desa Pulau Pinang tidak merasakan semarak penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha,” ucap Mulyadi.

BAZNAS Kepri menanggapi kerinduan itu dengan menyalurkan hewan kurban untuk masyarakat Muslim desa Pulau Pinang.

Bersama KUA Kecamatan Tambelan, BAZNAS Kepri menyalurkan 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing, dan daging kurban tidak hanya untuk masyarakat desa Pulau Pinang, tapi juga untuk masyarakat Pulau Mentebung. Bersama tim yang terdiri Penyuluh Agama Non PNS Tambelan, Mulyadi memimpin aktivitas mulia ini.

“Kita sudah berusaha ingin melaksanakan kurban dan Hari raya di Pulau Pinang, namun mengingat cuaca tidak memungkinkan. Qadarullah Allah takdirkan sehingga dapat berbagi untuk masyarakat Pulau Pinang semuanya yang saat ini berlebaran di Tambelan”, ujar Mulyadi menyampaikan kondisi cuaca menjelang Idul Adha, ketika akan membawa 1 ekor sapi untuk disembelih di Pulau Pinang.

Prosesi penyembelihan sapi ini dihadiri Sekcam dan Kades Pulau Pinang. Dalam sambutannya Kades Pulau Pinang Siti Atikah menyampaikan terimakasih yang tak terhingga dengan program BAZNAS Kepri.

“Ini yang pertama kali bagi masyarakat Pulau Pinang. Terimakasih juga kepada panitia. Semoga menjadi berkah bagi kita semua,” katanya.

Sementara untuk diketahui total penerima daging kurban berjumlah 74 KK, dengan rincian 52 KK penerima daging sapi, 14 KK penerima daging kambing dan 8 KK untuk panitia. (*)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *