oleh

Lima Hari Dilatih, 180 Relawan Pemadam Kebakaran Siap Beraksi

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Sebanyak 180 orang Bantuan Relawan Kebakaran (Balakar) se Kota Tanjungpinang siap turun kelapangan. Mereka sudah dilatih selama lima hari.

“Saya rasa mereka (Balakar) sudah siap turun kelapangan dengan memiliki tehnik-tehnik bagaimana penanggulangan dan pencegahan kebakaran itu sendiri,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) dan Penanggulangan Kebakaran Kota Tanjungpinang, Hantoni, Jumat (20/9/19) sore.

Ia berharap Balakar yang sudah dibentuk ini kedepan bisa action di lapangan apabila suatu ketika ada masyarakat membutuhkan penanggulangan kebakaran.

“Kami selaku penyelengara dan juga pelatih kegiatan tersebut berharap Balakar-balakar ini tidak hanya simbolis atau ikon saja. Kita tunggu program kerja mereka,” harapnya.

Adapun prlatihannya, lanjutnya, dihari pertam yakni tanggal 16,17 dan 18 September 2019 itu adalah tiori. Kemudian tanggal 19 dan 20 adalah praktek di lapangan.

“Alhamdulillah pelatihan telah berjalan dengan baik dan lancar. Terakhir yang tadi kita sama-sama saksikan simulasi bagaimana cara menanggulangi kebakaran baik kebocoran gas, parmanen dan bangunan dengan waktu yang sesingkat-singkatnya dengan materi dan tehnik yang telah kita sampaikan selama pelatihan,” paparnya.

Ditempat yang sama Asisten Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang, Irwan menyampaikan Pemerintah Koya (Pemko) Tanjungpinang sangat mendukung kegiatan tersebut.

Apalagi, kata Dia, kegiatan ini sangat bersentuhan dan memberikan manfaat yang lebih terhadap masyarakat Tanjungpinang.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Bukan berarti yang lain tidak bermanfaat ya, tetapi ini sangat bersentuhan terhadap masyarakat, apalagi dengan cuaca saat ini,” ucapnya usai menutup kegiatan.

Menurutnya, tanpa kepedulian atau care dari masyarakat yang lebih pihak Pemadam itu tidak akan tertanggulangi tanpa kerjasama dari masyarakat terutama Balakar dari Kelurahan ini.

“Nanti dia (Balakar) lah ujung tombak dilapangan yang nanti memberikan pemahaman dan pertolongan kepada masyarakat,” harapnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *