Categories: KEPRI

Lis Darmansyah Tampung Aspirasi Mahasiswa dan Janji Teruskan ke Lembaga Terkait

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Ketua Sementara DPRD Kepri Lis Darmansyah menemui ribuan mahasiswa yang berunjuk rasa di Kantor DPRD Kepri. Lis berjanji, DPRD Kepri akan menindaklanjuti aspirasi mahasiswa ke lembaga terkait.

Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Tanjungpinang Bintan menggelar aksi unjuk rasa di kantor DPRD dari pagi, Selasa (1/09/2019). Kemudian dilanjutkan siang hari.

Dalam tuntutannya, mahasiswa meminta Presiden dan DPR RI untuk membatalkan rancangan RUU Pertanahan, RUU Pertambangan, RUU kemasyarakatan, dan RUU ketenagakerjaan. Kemudian mengevaluasi pemilihan pimpinan KPK dan mebatalkan ketua KPK terpilih yang telah melanggar kode etik KPK.

Selanjutnya, mahasiswa juga mendesak kepada Presiden Ri untuk mengeluarkan Perpu untuk pembatalan atas UU KPK yang telah disahkan.

“Kami juga mengutuk keras tindakan reprensif pada masa aksi, dan meminta kepada Kapolri untuk mengambil sikap tegas terhadap tindakan reprensif yang telah dilakukan terhadap mahasiswa dan masyarakat di Indonesia,” kata orator aksi.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Kepri Lis Darmansyah saat menemui mahasiswa mengatakan DPRD Kepulauan Riau sepakat mengecam segala bentuk dan upaya melemahkan peran dan fungsi KPK, dalam memberantas Korupsi di Indonesia. DPRD kepri juga menerima segala bentuk penyampaian pendapat, sarat, masukan, dan kritikan yang bersifat positif kondusif dan berguna bagi kelangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan amanat konstitusi yang berlaku.

“Segala bentuk aspirasi yang disampaikan oleh BEM Tanjungpinang Bintan, akan kami tindaklanjuti ke lembaga atau institusi terkait dan dirteruskan kepada Mentri Dalam Negeri, Kapolri, DPR RI, dan Presiden RI,” katanya.

Kata Lis, DPRD Kepri juga mendukung upaya reformasi berbangsa dan bernegara, namun tetap berada pada batas norma etika berdemokrasi serta ketentuan yang berlaku.

Dia juga mengajak bersama-sama mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal khusus di Kepri, mengutamakan musyawarah dan mufakat, etika memberikan pendapat, sera semangat persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI.

Wartawan: Munsyi Untung
Editor: Ikhwan