oleh

Tiga Kandidat Calon di Pilgub Kepri 2020, Siapa Kuat?


Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Tiga tokoh terbaik Kepri bakal meramaikan kontestasi Pemilihan Gubernur Kepri 2020. Ketiganya yaitu Soerya Respationo, Huzrin Hood dan Ismeth Abdullah.

Tiga tokoh ini belum pernah bertarung bersama dalam Pilgub Kepri. Bila ketiganya bertarung, diperkirakan tensi politik Pilgub Kepri semakin meningkat dari Pilgub sebelumnya.

Soerya usai menghadiri pelantikan Pimpinan DPRD Kepri, Kamis (03/10/2019) mengatkan akan bergandengan dengan Isdianto mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri pada Pilkada serentak 2020 mendatang.

“Saya dan Pak Is mau mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Daftarkan gak dilarang,” kata Romo sapaan Soerya.

Dia juga memastikan PDI Perjuangan Kepri saat ini hanya mengusung dirinya dan Isdianto. “Dari partai saya dan Pak Isdianto,” kata Romo.

Soerya sebelumnya pernah menjabat Wakil Gubernur Kepri. Bahkan pada Pelgub Kepri lalu, dia mencalonkan diri sebagai Gubernur Kepri berdampingan dengan Ansar Ahmad. Namun belum berhasil, dan harus menerima kekalahan dengan rivalnya HM Sani yang kala itu berdampingan dengan Nurdin Basirun.

Sedangkan Isdianto tak banyak berkata. Bisa dipastikan keduanya akan mendaftar sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri Pilkada serentak 2020 sebelum penutupan pendaftaran Pilkada.

Sebelumnya, Huzrin Hood juga sudah mantap melakukan deklarasi ingin maju Pilkada Kepri. Deklarasi Huzrin dilakukan saat Hari Jadi Provinsi Kepri pada 24 September 2019 kemarin.

Namun sampai saat ini Huzrin Hood, masih tahap lobi-lobi partai politik. Huzrin sebelumnya pernah menjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Riau. Dia beberapa kali berencana maju Pilgub Kepri. Namun masih kandas.

Sementara, Ismeth Abdullah sudah lebih dulu deklarasi di Batam pada 18 Agustus 2019 dengan membuka Rumah Badan Pemenangan Ismeth Abdullah. Ismeth adalah mantan Gubernur Kepri pertama. Namun kini kembali tergerak untuk ikut mencalonkan diri.

Relawan Ismeth Abdullah sudah mulai mengumpulkan KTP dukungan. Karena Ismeth dikabarkan akan maju lewat jalur perseorangan.

Untuk diketahui berdasarkan jadwal tahapan Pilkada 2020, KPU menetapkan proses pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur pada Februari 2020 dan calon bupati/wali kota dilakukan pada Maret 2020.

Penulis: Roni
Editor: Ikhwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *