Categories: KEPRI TANJUNGPINANG

Kalahkan Atlet Jakarta, Pesilat Tanjungpinang Juara Satu Tingkat Nasional

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Atlet Pencak Silat asal Kota Tanjungpinang berhasil meraih juara satu tingkat nasional pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV tahun 2019 yang digelar pada 16-25 November di Jakarta. Dia adalah Anugrah Khafis Egi Riansyah.

Khafis sapaan akrabnya meraih juara I Kelas D Putra setelah menaklukkan atlet tuan rumah dengan sekor telak 5-0. Pelajar SMA Negeri 1 Tanjungpinang itupun mendapat piagam penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tanjungpinang Ipda Syamsuriya mengaku bangga dan senang atas prestasi yang diraih pada Popnas XV tahun 2019. Kegiatan ini atas nama Provinsi Kepri tetapi atlet silat itu berasal dari Tanjungpinang.

Dalam Popnas XV 2019 ini hanya ada dua Cabang Olahraga (Cabor) yakni Silat dan Tarung Derajat. Popnas ini belasan atlet yang ada di Provinsi Kepri diberangkatkan. Dari Tanjungpinang diberangkatkan tiga orang. Selebihnya ada yang dari Batam dan Kabupaten lainnya yang ada di Kepri.

“Alhamdulillah pada Popnas XV 2019 ini kita meraih juara 1 kelas D Putra atas nama Anugrah Khafis Egi Riansyah melawan atlet tuan rumah DKI Jakarta dengan skor 5-0,” ujar Syamsuriya, Senin (25/11/2019) sore disalah satu Kedai Kopi di Tanjungpinang.

Sebelumnya, Anugrah Khafis Egi Riansyah juga juara pada Gubernur Cup 2019 di Batam. Kebetulan Khafis merupakan salah satu atlet bina prestasi Pencak Silat Setia Hati Terate (PSHT) dibawah asuhan Mayor Istio sugiono yang berdinas di Wing 2 Tanjungpinang.

Dalam Popnas XV 2019 ini total atlet Kepri yang menerima penghargaan ada tiga orang, dua atlet dari Tanjungpinang mendapat medali emas dan satu Perunggu dan dari Batam satu Peruggu. Kepri masuk urutan ke 6 dalam Popnas 2019.

“Kedua atlet lainnya saya lupa nama dan alamat lengkapnya. Namun, alamat Anugrah Khafis Egi Riansyah di jalan Nusantara, Kilometer 13 Arah Kijang, Kampung Wonosari, Tanjungpinang,” jelasnya.

Sekitar pukul 18.00 WIB pihaknya akan menyambut kedatangan atlet tersebut di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

“Setelah itu kita antar ke rumahnya dan di rumahnya akan ada doa selamat yang dihadiri oleh Camat setempat bersama pengurus IPSI Tanjungpinang dan juga bina prestasi PSHT,” tambahnya.

Dia berharap, kedepan dengan adanya pemerintah yang baru, DPRD yang baru ada semangat yang baru di tahun 2020 mendatang untuk lebih mendukung Cabor yang ada di Kepri khususnya Tanjungpinang.

“Pemerintah membantu pasti ada tapi kurang maksimal. Oleh karena itu kedepan pemerintah agat lebih membantu semua Cabor yang ada di Tanjungpinang, bukan cuma silat saja tetapi juga Cabor-cabor yang lainnya,” harapnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan