Categories: KEPRI

28 Tenaga Teknik Kelistrikan Ikut Uji Kompetensi

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Kementerian ESDM mengadakan Uji Kompetensi bidang pemanfaatan ketenagalistrikan. Hal ini digelar untuk memenuhi amanat Undang-Undang nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan. Kegiatan ini dipusatkan di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Center mulai tanggal 08-10 Januari 2020.

Uji ini akan dihadiri langsung utusan dari Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM), Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (KEBTKE) Kementerian ESDM.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu Asessor PPSDM, Jufri Helmi, ST yang merupakan PPNS Dinas ESDM Kepri, Senin (06/01/2020).

Jurfi mengatakan, tujuan Uji Kompetensi tersebut adalah sebagai syarat orang yang bekerja di berbagai bidang kelistrikan, dan kebetulan saat ini yang diuji adalah bidang pemanfaatan ketenagalistrikan.

“Dalam UU no 30 pasal 44 ayat 2 poin 6 menyebutkan, setiap tenaga tehnik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat komoetesi,” kata Jufri.

Jufri menambahkan peserta yang ikut kali ini berjumlah 28 orang, melebihi target yang seharusnya 25 orang dalam 1 kelas. Hal ini menandakan bahwa pelaku usaha ketenagalistrikan sudah mulai sadar pentingnya tenaga teknik kelistrikan yang berkompetensi.

Adapun sanksi bagi pelaku usaha ketenagalistrikan yang mempekerjakan tenaga teknik yang belum memiliki sertifikat kompetensi adalah pidana kurungan dan denda sesuai regulasi ketenagalistrikan.

Jufti berharap, bagi pelaku usaha ketenagalistrikan hendaknya mematuhi dan mentaati aturan yang ada agar tertib.

“Masih banyak tenaga teknik yang belum memiliki sertifikat kompetensi, dan mudah-mudahan kegiatan dari kementerian ini memotivasi para tenaga teknik kelistrikan untuk mengikutinya,” pungkas Jufri.

Wartawan: Munsyi Untung
Editor: Roni