oleh

Data Covid-19 Terbaru ODP 1.384 Orang di Kepri

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) merilis data terbaru perkembangan virus Covid-19 atau Corona pada tanggal 27 Maret 2020.

Data terbaru yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri Tjetjep Yudiana, korban positif virus corona masih lima orang.

Lima orang itu berasal dari Batam tiga orang, satu orangnya sudah meninggal dunia, Karimun satu orang dan Tanjungpinang satu orang.

Sedangkan untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.384 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 71 orang di Kepri.

Ternyata dari pasien PDP di Kepri, ada yang meninggal dunia satu orang dari Tanjungpinang dan satu orang dari Karimun. PDP yang meninggal ini belum keluar hasil labnya.

Lalu PDP yang hasil lab negatif meninggal dunia karena penyakit penyerta 3 orang dari Batam. Selanjutnya PDP ini dirawat tersebar di Rumah Sakit rujukan Corona di Kepri.

Tjetjep menjelaskan terkait peningkatan ODP di Kepri khususnya di Batam. Orang Dalam Pemantauan adalah mereka yang memiliki kontak erat dengan covid19 positif, dan atau memiliki riwayat perjalanan dari wilayah terjangkit.

Sesungguhnya semakin besar ODP, maka semakin banyak yang di karantina baik secara mandiri di rumah maupun ditempat penampungan yang disediakan pemerintah.

“Sehingga semakin banyak ODP, peluang kita untuk memutus rantai penularan akan semakin baik. Kita semua sudah berada dalam wilayah terjangkit. Jika kita ingin segera menghentikannya, maka tinggal di rumah sebagaimana yang dilakukan oleh ODP, adalah cara yang paling ampuh,” kata Tjetjep.

Tjetjep juga menghimbau agar hindari keluar rumah, kecuali untuk keperluan mendesak, dan gunakanlah masker.

“Jangan lupa cuci tangan pakai sambun, karena kemungkinan kita telah menyentuh berbagai benda yang telah terpapar virus. terimakasih,” terang Tjetjep.

Penulis: Roni
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *