oleh

Kapal Berbendera Iran dan Indonesia Kandas Diperairan Batam, Satu Diantaranya Sudah Lepas

Batam, KepriDays.co.id -Dua kapal Cargo berbendera Iran dan Indonesia kandas di perairan Batu Berhenti Sambu Kota Batam, Provinsi Kepri, Senin (11/5/2020) kemarin sekitar pukul 02.32 WIB. Satu diantaranya telah berhasil dievakuasi.

Kedua kapal yakni Sharaz dengan tipe Cargo Ship berbendara Iran dengan tujuan Malaysia – Cina dan MV Samudra Sakti 1 dengan tipe Cargo Ship berbendera Indonesia dengan tujuan Belawan – Bayah.

Crew yang ada di kapal Sharaz sebanyak 25 orang dengan kondisi sehat dan aman. Sedangkan, Crew di MV Samudra Sakti 1 kapal sebayak 21 orang kondisi sehat dan aman juga.

“Kapal MV Samudra Sakti 1 sudah lepas dari posisi kandas. Sedangkan, kapal Sharaz masih dalam posisi kandas,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A, Tanjungpinang, Mu’min, Selasa (12/5/2020).

Saat ini, lanjutnya, Kapal MV Samudra Sakti 1 sudah sandar di Pelabuhan Batu Ampar, Batam dengan Crew 21 orang keadaan sehat dan aman terkendali.

Selanjutnya, Kapal RB 209 bergerak menuju lokasi Kejadian melaksanakan koord bersama tim SAR gabungan dan untuk mendukung persiapan proses evakuasi Crew Kapal Shahraz tersebut yang masih berada pada lokasi kandas.

Adapun unsur SAR gabungan terdiri dari KanSAR Tanjungpinang, Pos SAR Batam, Bakamla Batam, VTS Batam, Polair Polda Kepri, PLP Tanjung Uban dan KSOP Sekupang.

“Alat yang digunakan diantaranya, RB 209 Tanjungpinang, RIB 03 Batam, KN. Kalimasada, KN. Sarotama, KNP 366 (TBK), KNP 376, KNP 330 dan Palmedis atau Evakuasi,” tutupnya.

Sebelumnya, informasi kandasnya kedua kapal tersdbut di peroleh dari Email MPA Singapura.

Wartawan: Amri



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *