oleh

Tanjungpinang Masih Zona Kuning

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Kota Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terus berupaya memerangi Covid-19 atau Virus Corona.

Sampai saat ini status ibu kota Kepri yang berjuluk Kota Gurindam itu masih zona kuning. Artinya Covid-19 masih “menghantui” kota tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kepri Mohammad Basri membenarkan bahwa Kota Tanjungpinang masih zona kuning.

Namun, ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan kota gurindam menjadi zona hijau. Sebelum itu terjadi, Bisri berpesan, semua pihak harus konsisten memerangi virus itu di Kota Tanjungpinang.

“Belum (red, hijau), masih kuning kita lihat konsistensinya dalam 2 Minggu,” kata Bisri.

Bisri juga menambahkan, agar masyarakat jangan terlalu dibingungkan dengan data penambahan covid-19, sebab dalam epidemiologi cukup melihat trend kasusnya atau angka kejadian kasusnya.

“Kejadian terkonfirmasi positif hari ini, itukan kasus beberapa sebelumnya. Jadi yang penting dilakukan analisa trend dan sebaran. Karena data dari BTKL sering juga terlambat, lalu dikirim ke kab, kota, RS untuk dilakukan tracing. Tracing tentu besok harinya dan laporan hasil tracing tentu besoknya lagi,” jelasnya.

Oleh karena itu Dinkes Kepri akan mulai melakukan analisa sebaran epidemiologis secara mingguan. Dan diupayakan hari Senin, dengan demikian adanya penambahan kasus tidak sekedar menambah angka dan menjadi informasi menakutkan.

“Tapi dapat menilai dampak dari efektifitas upaya tracing, penanganan treatment apakah sudah bisa menghentikan penularan pada satu titik komunitas atau cluster,” terang Bisri.

Penulis: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *