oleh

Harga Bawang Naik di Tanjungpinang, Pembeli Turun 20 persen

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Harga bawang merah jawa (lokal) merangkak naik di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Naikknya harga bawang tersebut membuat daya beli masyarakat menjadi turun.

“Karena baru-baru naik masyarakat agak kurang pembeli. Sekarang ini saya rasakan peminat pembeli turun 20 persen,” ujar salah satu pedagang di Pasar Bestari Bintan Centre (Bincen), Kilometer 9, Kota Tanjungpinang Gino, Kamis (5/11/2020) pagi.

Sebelumnya, harga bawang merah sekitar Rp38 ribu dan sekarang Rp45 ribu per Kilogramnya, Bawang merah impor sekarang Rp18 ribu dari sebelumnya Rp15 ribu per Kg.

Menurutnya, kenaikan ini terjadi sejak tiga hari yang lalu hingga sekarang yang disebabkan karena cuaca kurang bagus sehingga panen tidak merata.

“Kalau untuk sekarang ini penyembab kenaikan ini saya dengar informasinya untuk bawang lokal karena faktor cuaca dan kalau bawang impor karena dolar naik,” ucapnya.

Dia mengatakan, bawang lokal tersebut di datangkan dari Brebes dan bawang impor dari India.

Selain itu, harga cabai juga terjadi kenaikan cuma tidak terlaku tinggi. Sebelumnya dikisaran harga Rp42 ribu dan sekarang Rp52 ribu.

Pedagang lainnya, Deby juga mengatakan hal yang sama bahwa ada kenaikan harga bawang dari sebelumnya.

Untuk saat ini, dia menjual bawang merah jawa Rp44 ribu per Kg, bawang Birma Rp22 ribu per Kg, Bawang India Rp18 ribu dan Bawang putih Rp24 ribu per Kg.

Wartawan: Amri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *