oleh

Jelang Natal dan Tahun Baru, SAR Tanjungpinang Siaga Khusus

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) mendatang, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang akan melakukan siaga khusus dibeberapa titik diwilayahnya.

Adapun siaga khusus yang akam dilakukan seperti di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Pelabuhan Roro Dompak Tanjungpinang, Pelabuhan Sri Bayintan Kijang di Bintan, Pelabuhan Domestik Tanjung Uban di Bintan serta mewaspadai adanya keramaian wisata seperti pantai dan lain-lain.

“Siaga SAR khusus Nataru ini akan berlangsung sejak 18 Desber 2020 sampai 4 Januari 2021 mendatang,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang Mu’min, Jumat (18/12/2020) saat apel kesiapan siaga SAR khusus Nataru di depan Kantornya di Tanjungpinang.

Dia meminta kepada petugas siaga SAR khusus agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait.

Menurutnya, tugas ini merupakan tugas kemanusiaan mulia. Oleh karena itu, diminta kepada petugas untuk laksanakan tugasnya sesuai prosedur yang ada.

“Tunjukan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi dan militant. Untuk itu harus mengutamakan faktor keselamatan dalam pelayanan,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan, siaga SAR khusus ini meliputi Alat utama (Alut) berupa Rescue Truck, Truk personil, Rescue Car, Rescue Carrier Vehicle (RCV), Motor Trail, Truck Amphibi, ATV, RB 209, Rigit Inflatable Boat (RIB) dan rubber boat.

“Peralatan SAR lainnya anggota kami menyiagakan dan menggelar tim rescue, menyiagakan dan menggelar jejaring dan peralatan komunikasi,” jelasnya.

Selain itu, berkoordinasi dalam pengerahan dan pengendalian dalam operasi SAR kepada potensi SAR jika terjadi musibah atau kecelakaan baik di Pelabuhan laut, Bandara dan terminal angkutan darat.

Adapun personil yang terlibat dalam siaga SAR khusus ini terdiri dari petugas komunikasi, Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Tanjung Balai Karimun, Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Batam, Tim Rescue Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Lingga dan Crew RB 209 Tanjungpinang.

“Kami sudah cek kesiapan Alut semuanya dalam kondisi baik dan siap pakai,” ucapanya.

Dia berharap, kesiapansiagaan yang selama ini sudah berlangsung secara rutin, wajib harus diupayakan untuk lebih ditingkatkan.

“Pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, harus waspada dan tetap mematuhi Protokol kesehata (Prokes),” tutupnya.

Wartawan: Amri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *