oleh

22.080 Balita Diberikan Vitamin A Gratis

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB) Kota Tanjungpinang memberikan Vitamin A secara gratis kepada sebanyak 22.080 balita di Tanjungpinang.

Pemberian tetesan vitamin A itu, dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Kamis (4/2/2021) di Posyadu Merak, Jalan Pompa Air, Kelurahan Tanjungpinang Timur, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Rahma mengatakan, saat ini Indonesia mengalami tiga masalah gizi yang disebut sebagai triple burden of malnutrition. Ketiga masalah gizi itu adalah defisiensi zat gizi mikro, gizi lebih dan gizi kurang.

Defisiensi zat gizi disebabkan karena kekurangan asupan, penyerapan atau penggunaan satu atau lebih vitamin dan mineral diantaranya adalah anemia gizi besi, defisiensi vitamin A, defisiensi yodium.

“Salah satu asupan gizi yang penting adalah vitamin, karena sangat pontesial dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan khususnya pada bayi dan balita,” ujarnya usai pemberian vitamin A.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungpinang, Nugraheni Purwaningsih menyampaikan, kegiatan rutin tahunan ini digelar serentak setiap bulan Februari dan Agustus yang artinya dua kali dalam setahun. Kegiaran ini merupakan program nasional untuk memenuhi gizi mikro bayi dan balita.

Dia menjelaskan, pemberian vitamin A ini manfaatnya untuk memenuhi zat gizi mikro, serta mendukung kesehatan dan tumbuh kembang bayi dan balita.

Vitamin A yang diberikan sebanyak 22.080 anak. Dimana, bayi berusia 6-11 bulan diberikan vitamin A biru kepada 3.822 anak dan balita usia 12-59 bulan diberikan vitamin A merah kepada 18.257 anak.

“Semua anak mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dimulai berat badan setiap anak ditimbang, pengukuran tinggi badan dan selanjutnya diberi tetesan vitamin A,” jelasnya.

Kegiatan ini berlangsung serentak melibatkan 139 posyandu, 43 Taman Kanak Kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan 86 taman bermain.

Wartawan: Amri/Abu
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *