oleh

Rahma Kerja Keras Bangkitkan Ekonomi Tanjungpinang Dimasa Pandemi Covid-19

Advetorial – Usai Kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno di Kepulauan Riau membawa kesan tersendiri untuk Kota Tanjungpinang.

Meskipun terbilang singkat, ada pesan yang ingin disampaikan Menteri kepada Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP dalam upaya menumbuhkan perekonomian di masa pandemi Covid-19 di Kota Tanjungpinang.

Rahma Bersama Menparekraf.
Rahma Bersama Menparekraf.

Bahkan, Rahma siap bekerja keras agar dunia pariwisata dan perekonomian masyarakat dapat bangkit kembali namun tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Kita tidak menutup diri untuk memajukan sektor pariwisata dan memberdayakan UMKM, karena yang paling berdampak oleh Covid-19 adalah sektor pariwisata, untuk itulah kedatangan Bapak Menteri ini sangat kami sambut positif dan membawa semangat baru untuk kita semua dalam pemulihan ekonomi,” ungkap Rahma.

Rahma pun telah memfasilitasi produk-produk UMKM di enam swalayan secara gratis di Tanjungpinang. Hal tersebut bertujuan agar UMKM yang ada kembali bangkit.

Rahma bersama OPD terkait, Rabu sore (27/1) kemarin, melakukan peninjauan ke beberapa swalayan terkait kesiapan penjualan produk UMKM yang rencananya akan dimulai awal Februari mendatang.

Rahma menyampaikan bahwa Pemberdayaan UMKM terbukti menjadi penggerak roda perekonomian nasional dengan kontribusi dan perannya dalam menyerap tenaga kerja lebih banyak, dan membuktikan bahwa UMKM mampu menekan jumlah angka pengangguran dan kemiskinan.

“Dalam masa pandemi Covid-19 ini banyak sektor yang terdampak, meski begitu UMKM tetap bertahan. Saya selaku Walikota Tanjungpinang akan selalu berpihak terhadap UMKM yang ada di Kota Tanjungpinang. Pemerintah akan tetap komit mendampingi UMKM untuk bertahan, dengan cara bekerjasama dengan Swalayan yang ada untuk mempromosikan produk UMKM dan harus semakin berkembang dan naik kelas,” ucap Rahma

Sementara dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi saat ini sesuai arahan Presiden RI, Pemerintah Kota Tanjungpinang sudah mulai melakukan padat karya di antaranya mengawal sekitar 12.000 UMKM dan memberikan pelatihan untuk 1.000 UMKM di tahun 2021 yang kegiatannya tersebar di beberapa OPD, di antaranya Disnaker Koperasi UKM, Disperdagin, DP3APM, Dinsos.

Rahma Launching Produk UMKM masuk Swalayan.
Rahma Launching Produk UMKM masuk Swalayan.

“Selain pelatihan, Pemerintah juga sudah melakukan kerjasama dengan Swalayan dan BRC lagoi untuk mempromosikan produk dari pelaku UKM yang terdata di Pemko Tanjungpinang secara gratis, serta disiapkan juga bantuan langsung kebutuhan peralatan UKM melalui dana CSR bersama Bank Riau Kepri Syariah. Tamu yang akan ke Lagoi diwajibkan menginap satu malam di Tanjungpinang,” pungkas Rahma. ***



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *