oleh

Soal Pilwawako, Pembentukan Panlih Masih Menunggu Surat Walikota Tanjungpinang

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Ketua DPRD Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni mengatakan, hingga kini belum membetuk Panitia pemilihan (Panlih) Pemilihan Wakil Walikota (Pilwawako) Tanjungpinang. Hal itu disebabkan karena belum mendapatkan surat dari Wali Kota Tanjungpinang, Rahma.

“Panlih masih tetap menunggu surat dari Kepala daerah,” ujarnya, Rabu (10/3/2021) di Aula Kantor DPRD Tanjungpinang, Senggarang.

Dia menegaskan, bahwa Panlih tidak bisa dibentuk sebelum ada surat dari kepala daerah karena itu sudah ada Undang-undangnya bahwasannya dasar dari Panlih itu adalah surat dari kepala daerah.

Menurutnya, terkait Pilwawako saat ini masih di ranah antara partai pengusung dan Walikota. Jadi, nanti kalau sudah selesai di ranah mereka baru mekanismenya di DPRD.

Artinya, partai pengusung memenuhi syarat-syaratnya ke Walikota. Sedangkan, DPRD hanya mekanisme atau menjalankan pemilihan setelah ada dasar surat dari Walikota.

“Walikota menyurati DPRD baru kita menjalankan mekanisme pemilihan atau Panlih. Jadi, disini belum ada mekanisme apa-apa kenapa harus sibuk karena ini masih ranah partai pengusung dengan kepala daerah,” ucapnya.

Nanti, lanjutnya, kalau kepala daerah dengan partai pengusung sudah selesai pemberkasan semua dan kepala daerah menyurati DPRD untuk di dibentuk Panlih.

“Intinya, dasar dari surat Panlih adalah surat dari kepala daerah mengusulkan nama. Maka, atas dasar surat itulah DPRD membentuk Panlih dan baru mekanisme berjalan disini,” tutupnya.

Sebelumnya, hingga saat ini yang diusungkan dalam Pilwawako tersebut masih dua nama yakni Ade Angga dari Partai Golkar dan Endang Abdullah dari Partai Gerindra.

Diketahui, pengajuan calon Wawako Tanjungpinang ini setelah Ayah Syahrul meninggal dunia pada 28 April 2020 dan jabatannya akan jatuh kepada wakilnya Rahma, dengan begitu jabatan Wawako akan kosong.

Jadi, untuk mengisi kekosongan tersebut Partai Gerindra dan Golkar berhak untuk mengajukan calonnya masing-masing karena kedua partai ini merupakan partai pengusung Pasangan Calon (Paslon) Alm. Ayah Syahrul dan Rahma pada pemilihan Wako dan Wawako Tanjungpinang 2018 lalu.

Wartawan: Amri
Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *