oleh

722 Pulau di Kepri Belum Ada Nama

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan di Kepri terdapat 2408 pulau, baik pulau kecil maupun besar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1686 pulau sudah memiliki nama. Namun selebihnya, 722 pulau belum memiliki nama.

“Kita terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk memberi nama-nama pulau itu,” katanya saat menyampaikan materi dalam Pelatihan Jurnalistik Maritim Berwawasan Kebangsaan yang dilaksankan secara virtual oleh UPN Veteran Yogyakarta bekerjasama dengan Kedubes AS, Senin (20/09/2021).

Lebih lanjut Ansar memaparkan, berdasarkan Kepres 6 tahun 2017 ada 22 pulau terluar di Kepri. Empat pulau terluar berada di Kabupaten Bintan yakni Pulau Sentut, Pulau Berakit, Pulau Bintan dan Pulau Malang Berdaun. Kemudian empat pulau di Kota Batam yakni Pulau Batu Berhanti, Pulau Nipa, Pulau Pelampong, Pulau Putri/Nongsa.

Lima lainnya berada di Kabupaten Anambas yakni pulau Tokong Berlayar, Tokong Malang Biru, Pulau Tokong Nenas, Pulau Damar dan Pulau Mangkai. Selanjutnya tujuh pulau di Kabupaten Natuna yakni Pulau Kepala, Pulau Sebetul, Pulau Sekatung, Pulau Semiun, Pulau Senua, Pulau Subi Kecil, Pulau Tokong Boro. Dua pulau lagi berada di Kabupaten Karimun yakni Pulau Karimun Kecil dan Pulai Iyu Kecil.

Secara keseluruhan luas daratan di Kepri sebesar 8.201,72 kilometer persegi atau hanya empat persen dari luas wilayah Kepri. Sedangkan sisanya adalah perairan. Selain itu Kepri sendiri berbatasan langsung dengan empat negara yakni Malaysia, Singapura, Vietnam dan Kamboja. Adapun jumlah penduduk tahun 2020 tercatat sebanyak 2.064.564 jiwa.

Penulis: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *