oleh

Kepri Perketat Pintu Masuk Antisipasi Covid-19 Varian Delta Plus

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Pemerintah Provinsi Kepri akan memperketat semua pintu masuk ke Kepri, guna mencegah varian baru Covid-19 delta plus yang telah menyebar di Singapura dan Malaysia.

Pengetatan pengawasan juga berlaku kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari Malaysia dan Singapura, sebabab paling memungkinkan akan membawa virus varian baru tersebut.

“Varian delta plus, sekarang sudah masuk ke Malaysia dan Singapura, maka kita perlu memperketat pengawasan kepulangan PMI,” kata Ansar di Tanjungpinang, Kamis (11/11/2022).

Ansar sudah menginstruksikan Satgas Khusus Pemulangan PMI Komandan Korem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu supaya mengawasai ketat kepulangan PMI dengan menerapkan tes antigen atau PCR Covid-19.

Menurutnya apabila ada terdeteksi varian baru itu, maka harus langsung ditangani secara maksimal agar tidak menyebar luas.

“Virus itu kan turunan dari varian sebelumnya, delta. Kalau delta sudah sempat terdeteksi dua kasus di Kepri, tapi berhasil diantisipasi sehingga tidak menyebar,” tutur Ansar.

Mantan anggota DPR RI itu pun meminta masyarakat tetap meningkatkan disiplin protokol kesehatan, kendati kecil kemungkinan varian delta plus masuk ke Kepri.

Apalagi sejak awal vaksinasi, lanjutnya, Pemprov Kepri langsung menggunakan vaksin jenis AstraZeneca yang tingkat efektivitasnya mampu melawan varian delta.

“Kementerian Kesehatan juga menyebut Kepri beruntung, karena sejak awal telah menyuntikkan vaksin AstraZeneca, sehingga mampu mengantisipasi varian delta,” harapnya.

Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *