oleh

Soal Data Covid-19 Keliru di Kepri, Ini Penjelasan BNPB

Jakarta, KepriDays.co.id -Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menjelaskan data COVID-19 yang disajikan oleh BNPB merupakan data olahan dari wali data kesehatan, khususnya COVID-19.

“Sumber data berupa tabel yang digunakan BNPB berasal dari NAR atau new all records yang dikelola kementerian terkait. Selanjutnya BNPB mengolah data tersebut menjadi infografik dan menyebarluaskan kepada media massa maupun publik,” kata Abdul, dalam keterangan tertulisnya dikutip dari detikcom.

Abdul memaparkan urutan pengumpulan data yang dilakukan oleh BNPB. Awalnya, sumber data dari NAR yang dikelola Kementerian Kesehatan memunculkan tabel kondisi harian Covid-19 di tanah air. Ini berupa tabel rilis, urutan dan hasil pemeriksaan COVID-19.

Kemudian BNPB mengolah data tersebut menjadi infografik. Setelah proses ini, BNPB selanjutnya membagikan melalui jejaring sosial WhatsApp group media massa, laman covid19.go.id, bnpb.go.id dan telegram data bencana Indonesia.

Menyikapi keluhan dari Gubernur Kepulauan Riau, Abdul mengimbau agar berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan. Sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi aktual dari daerah.

“Menyikapi adanya keluhan dari beberapa pimpinan daerah baik itu provinsi maupun kab/kota beberapa waktu ini yang merasa data dari daerah tidak sinkron dengan data yang dipublikasikan secara nasional, diharapkan bisa segera berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan agar data nasional bisa sesuai dengan kondisi aktual di daerah, maupun sebaliknya,” ujarnya.

Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *