oleh

Sosialisasi Empat Pilar, Bang Haji Dharma Setiawan: MPR RI Menyatukan Keberagaman dan Cegah Konflik

Batam, KepriDays.co.id – Didepan Tokoh Masyarakat, Alim Ulama Cerdik Pandai, dan warga RT 01 RW 03, Kavling Lama Abadi Jaya, Kel. Sungai Lekop, Kec. Sagulung, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (16 April 2022), H. Dharma Setiawan selaku Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia ( DPD RI ) melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI, yakni Pancasila – UUD 1945 – NKRI – Bhinneka Tunggal Ika.

Bang Haji Dharma panggilan akrabnya mengatakan, Keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ditandai oleh letak geografis yang terdiri dari banyak pulau. Dengan banyak pulau, maka berbeda adat istiadat, bahasa, budaya, suku dan agamanya.

Bang Haji Dharma saat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan.

Namun dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yakni walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua, maka keberagaman itu menjadi sebuah kesatuan, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Keberagaman dan Perbedaan pasti akan muncul pula permasalahan, namun, kita punya Empat Pilar MPR RI yang akan menyatukan keberagaman dan perbedaan ini kata bang haji Dharma Setiawan.

“Makna dari Pancasila sila ke-3, yakni Persatuan Indonesia, merupakan pemahaman yang amat sangat luas, yang mengajak kita, warga negara Indonesia untuk selalu bersatu walaupun berbeda-beda,” ujar bang haji berikan solusi.

Bang haji Dharma mempunyai analisa bahwa konflik yang timbul selama ini karena keberagaman dan perbedaan ini, dipicu karena kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai dari sila-sila Pancasila. Mereka akhirnya mudah terprovokasi oleh oknum yang ingin memecah belah. Contoh konkritnya yakni tawuran antar golongan juga pemuda yang masih marak sampai saat ini.

Di Zaman era globlalisasi ini, kehidupan sosial mengalami perubahan secara drastis dan cenderung ekstrim tambahnya. Untuk itu diperlukan adanya sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang harus digalakkan secara kontinyu dan terus menerus untuk memperkokoh bangsa dari segala ancaman yang ingin memecah belah bangsa dan negara Indonesia.

“Saya berharap warga RT 01 RW 03, Kavling Lama Abadi Jaya, Kel. Sungai Lekop, Kec. Sagulung, yang saya banggakan ini, untuk terus menjaga dan merawat nilai persaudaraan dalam bingkai Pancasila, sehingga warganya tetap rukun, bersatu, aman dan sejahtera,” pungkas Bang Haji Dharma.

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *