oleh

Dispar Kepri : Perlu Kolaborasi Sesama Instansi Majukan Pariwisata Karimun

Karimun, KepriDays.co.id – Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun terus berbenah dalam memajukan pariwisata. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Karimun ini sebelumnya telah merilis logo terbaru di sektor pariwisata dengan harapan peluncuran tersebut bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

Meski telah berbenah, Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau (Kadispar Kepri), Buralimar memberi saran untuk meningkatkan geliat wisata di sana.

Buralimar menyebut, dana anggaran pariwisata untuk Karimun masih sangat terbatas sehingga perlunya peningkatan kolaborasi antar sesama instansi.

“Kita tahu, bahwa untuk anggaran pariwisata di Karimun memang masih terbatas. Namun ini menjadi tugas kita bagaimana bisa meningkatkan kolaborasi dengan Provinsi dan OPD lain,” ujar Buralimar, Selasa (31/5/2022).

Dalam hal ini, pentingnya koordinasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi dalam membangun guna memajukan bidang Pariwisata. “Karimun bisa memajukan sektor pariwisata mulai dari alam maupun kulinernya, bisa membuat suatu event alam kemudian kuliner khasnya seperti asam pedas bisa menjadi daya wisatawan,” terangnya.

Diketahui, wisata kuliner ini juga merupakan ikon yang dapat menarik lidah wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, Buralimar memberikan masukan dengan membuat event seperti seminar budaya di tempat khusus yang menjadi objek sejarah, akan menambah kesan daya tarik bagi para wisatawan tersebut.

“Seperti makam para raja yang ada di Kecamatan Buru, dan adanya pemandian kolam air panas. Tentu ini juga menjadi perhatian wisatawan,” terangnya.

Masih menurutnya, amonitas wisatawan seperti restoran, homestay, dan ketersediaan wifi juga harus menjadi poin penting yang harus disiapkan. Bahkan, Buralimar menegaskan dalam meningkatkan di bidang ekonomi dan bidang pariwisata, pentingnya promosi melalui media juga harus lebih digencarkan.

“Karena dengan promosi dan kenyamanan, destinasi wisata apapun itu bisa lebih cepat dikenal sehingga berdampak pada ramainya pengunjung yang datang,” pungkasnya.

Wartawan : Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *