oleh

Adi Prihantara Minta Ormas dan LSM Berperan Aktif Dukung Program Pemerintah Kepri

Advetorial – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepulauan Riau Adi Prihantara meminta Organiasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Provinsi Kepri, untuk berperan aktif dalam mendukung program-program pemerintahan Provinsi Kepri yang saat ini tengah dipimpin oleh Gubernur Kepri Ansar Ahamad dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina.

Dukungan Ormas dan LSM terhadap program-program Pemprov Kepri yang tengah dilaksanakan Gubernur dan Wakil Gubernur ini dikatakan Adi, baik berupa program-program pembangunan fisik yang tentunya untuk pemerataan pembangunan disemua daerah di kabupaten dan kota di Kepri, program peningkatan perekonomian masyarakat yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat Kepri secara utuh, sehingga tidak terjadi adanya ketimpangan.

Selain itu dirinya juga mengharapkan agar Ormas dan LSM yang ada di Provinsi Kepri juga agar dapat mendukung program sosial yang tengah dilakukan Pemprov Kepri, baik upaya dalam peningkatan taraf hidup masyarakat dan juga program lainnya yang berkaitan dengan program-program sosial yang ada kaitannya untuk kebaikan masyarakat Kepri.

Mendukung program seni dan budaya yang juga tengah gencar dilakukan oleh pemerintah Provinsi Kepri, seperti dengan melakukan pembenahan kota lama, Tanjungpinang, pembenahan atau revitaliasi Pulau Penyengat yang akan menjadi magnet bagi kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara. Begitu juga pembenahan yang dilakukan Pemprov Kepri di daerah-daerah lainnya. Dengan adanya peningkatan program ini tentunya akan berimbas dan akan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat secara luas yang juga akan meningkatkan dan menggeliatkan perekonomian masyarakat.

Penegasan tersebut disampikan Adi Prihantara, saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Organisasi Masyarakat/LSM yang sesuai dengan peraturan perundangan bagi Mahasiswa dan Organisasi Pemuda yang digelar di Beverly Hotel, Kota Batam yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepri.

Adi Prihantara dalam kesempatan ini juga mengatakan Pemerintah Provinsi Kepri menyambut baik kegiatan Pembinaan Ormas dan LSM ini dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman, bahwa ormas memiliki peran aktif dalam mendorong setiap program pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Kepri.

Selain itu, pemerintah juga memiliki kewajiban dalam melakukan pembinaan ini, yang tentunya untuk mendayagunakan peran ormas dan LSM sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam pembangunan secara swadaya.

“Ormas juga punya peran dalam program pembangunan ini,¬†yaitu dengan bekerjasama dengan pemerintah dalam hal menjaga dan memelihara keamanan dan kondisifitas dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga program bisa dilakukan dengan baik dan lancar,” harapnya.

Kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini Sekda Adi mengajak untuk memanfaatkan organisasi kepemudaan ini sebagai wadah untuk pengembangan potensi kepemimpinan dan sebagai wadah untuk menyampaikan ide serta gagasan secara bersama dalam memajukan negeri dan bangsa ini.

“Jadi berorganisasi itu bukan sekedar kumpul-kumpul, berteriak sana-sini akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana pemuda dapat memberikan kritik dan saran untuk pembangunan,” ujarnya.

Dirinya mengajak ormas kepemudaan untuk ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam hal pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19 yang terjadi kurang lebih 2 tahun lamanya, yang tentunya memukul semua sektor dalam kehidupan masyarakat ini.

Untuk itu dirinya mengajak mahasiswa dan para pemuda untuk bersama menjaga kondusivitas agar investasi bisa masuk dan tumbuh juga berjalan dengan baik. Berbagai cara telah dilakukan pemerintah Kepri untuk pemulihan ekonomi dari sisi kepariwisataan dengan mempercepat pelaksanaan vaksin booster, mempermudah akses masuk wisman, peniadaan PCR untuk wisman, penurunan biaya Visa on Arrival serta penurunan harga tiket kapal.

“Mari kita semua mendukungnya program ini agar dapat berjalan dengan baik sehingga ekonomi kita akan kembali tumbuh positif dan masyarakat akan bisa lebih baik dalam hal perekonomiannya,” harapnya lagi.

Adapun peserta sosialisasi ini diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari berbagai elemen mulai dari Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kepemudaan, LSM, Organisasi Kemahasiswaan dan juga dari Organisasi Keagamaan yang ada di Provinsi Kepri.

sementara narasumber pada acara sosialisasi ini diantaranya, Anggota Komisi I DPRD Kepri Taba Iskandar Venni Meitaria Detiawati, Kepala Badan Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Kepri, Zamzami A Karim Pakar Politik dan Dosen Stisipol Raja Haji Tanjungpinang. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *