oleh

Karimun Zona Hijau, Tak Ada Hewan Ternak Kena PMK

Karimun, Kepridays.co.id-Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Sukriyanto mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada hewan ternak di Karimun, yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal ini berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Pangan dan Pertanian Karimun pada saat melakukan pengecekan hewan ternak, ketempat peternakan yang ada di Kabupaten Karimun.

“Alhamdulillah saat ini masih zona hijau, dalam arti belum ada hewan ternak yang terserang PMK, ” kata Sukriyanto saat diwawancarai, Rabu (10/8/2022).

Meskipun belum terdapat hewan ternak yang terpapar virus PMK, akan tetapi pihaknya akan segera melakukan pencegahan.

Dengan cara melakukan vaksinasi PMK, kepada hewan ternak di Karimun. Untuk melakukan vaksinasi, Sukriyanto menyebutkan bahwa pihaknya terlebih dahulu melakukan pendataan, ada berapa hewan ternak yang akan divaksinasi PMK.

“kita akan segera melakukan pencegahan. Nanti kita data, siapa saja yang memiliki hewan ternak jenis sapi. Lalu jika sudah waktunya akan segera kita vaksin,” katanya saat diwawancara.

Sukriyanto juga mengimbau kepada para peternak sapi, untuk segera melaporkan kepada pihak terkait apabila hewan sapi ternak miliknya diduga terpapar virus PMK.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus PMK ke hewan ternak yang lainnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *