oleh

Ratusan Sapi di Karimun Divaksinasi PMK Dosis Kedua

Karimun, Kepridays.co.id– Penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada hewan ternak terus dilakukan oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).Kali ini, Dinas Pangan dan Pertanian Karimun melalui Satgas PMK melaksanakan penyuntikan vaksin dosis kedua hewan ternak jenis sapi, pada Selasa (27/9/2022) pagi.

Adapun vaksinasi dosis kedua ditargetkan sebanyak 281 ekor hewan sapi dengan capaian keseluruhan sesuai populasi hewan mencapai 1.400 ekor hewan ternak.

Sub Koordinator Kesehatan Hewan Karimun, Siti Hasanah mengatakan, pemberian vaksin PMK kepada hewan ternak umumnya tidak menimbulkan gejala.

“Gejala pada umumnya itu kan demam, tapi sampai saat ini setelah dosis pertama itu tidak ada laporan ke kita adanya gejala yang serius,” kata Siti.

Siti menjelaskan bahwa sampai saat ini wilayah Kabupaten Karimun masih tergolong zona hijau dari penyebaran wabah PMK.

Sehingga, pihaknya terus berupaya mempercepat capaian vaksinasi PMK pada hewan ternak agar lalu lintas hewan ternak dari luar ke Karimun bisa bebas.

“Kita belum ada temukan kasus PMK, kita ingin karimun ini bisa bebas sehingga kita usahakan seluruh hewannya sudah divaksinasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, pemberian vaksin PMK terhadap hewan ternak saat ini baru diberikan kepada hewan jenis sapi.

“Tahap ini masih ke hewan sapi, kemungkinan nanti juga menyasar epada kambing, domba, dan babi. Terutama hewan yang berkukuh belah, karena rentan terhadap PMK,” ucapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *