oleh

Bupati Karimun Minta Penambahan Mesin PLTD Bukit Carok

Karimun, Kepridays.co.id-Bupati Karimun Aunur Rafiq meminta penambahan mesin untuk Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Bukit Carok. Hal dismpaikan lngsung Bupati saat menemui GM PT PLN wilayah Riau dan Kepulauan Riau Agung Murdifi, Minggu, (19/2/2023).

“Saya meminta penambahan mesin untuk PLTD di Karimun kepada kepala PLN wilayah Riau dan Kepri,” ujar Rafiq, Selasa (21/2/2023)

Menurutnya, permintaan penambahan mesin itu untuk mengatasi permasalahan kondisi kelistrikan di Karimun yang rawan terjadi defisit daya. Karena daya mampu pasokan listrik di Karimun mengalami defisit apabila salah satu mesin baik di PLTD Bukit Carok maupun PLTU Sei Batak mengalami kerusakan.

“Jika terjadi beban puncak dan mesin ada yang rusak, maka daya mampu berkurang. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan, sehingga kita meminta penambahan mesin ini,” katanya.

Bupati menyebut permintaan tersebut disambut baik oleh Kepala PLN wilayah Kepri dan Riau yang akan mengadakan mesin diesel 4 megawatt (MW) untuk Kabupaten Karimun.

“PLN menyampaikan kepada kita akan mengirim mesin 4 MW, Insya Allah sebelum bulan suci Ramadhan sudah beroperasi agar tidak terjadi pemadaman,” ucapnya.

Sementara itu, Manager PLN Karimun Hendrico membenarkan terjadinya defisit daya terhadap sistem kelistrikan di Karimun.

“Saat ini kebutuhan listrik pelanggan PLN Karimun tertingi 30 MW, sementara daya tersedia 32 MW. Jika 1 mesin saja ada pemeliharaan maka daya tersisa 27 MW,” kata Hendrico.

Hendrico menjelaskan bahwa guna mengatasi kondisi kelistrikan di Karimun itu, pihaknya membutuhkan tambahan daya 3 sampai 4 MW.

“Guna menghindari terjadinya kondisi tersebut maka dibutuhkan tambahan kapasitas kurang lebih sampai 4 MW, jadi jika ada pemeliharaan mesin kondisi daya kita tetap aman,” ucapnya.

Wartawan: Sari
Editor: Ikhwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *