oleh

Jelajah Beragam Objek Wisata Alami Kabupaten Lingga Bunda Tanah Melayu

Lingga, KepriDays.co.id – Kabupaten Lingga kaya akan lokasi objek wisata alami yang menarik, indah dan memesona yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Tentunya sayang bila dilewatkan atau tidak dikunjungi.

Bagaimana tidak, objek wisata di Lingga jumlahnya tidak sedikit dan tersebar di sejumlah daerah di Lingga. Objek wisata tersebut diantaranya wisata Pantai, Air Terjun, Sungai, Sumber Air Panas Alami, hingga wisata Kuliner dan juga wisata sejarah dan religi semua lengkap ada di Lingga.

Ada beberapa titik lokasi wisata favorit yang wajib dikunjungi bila berkunjung ke Lingga yang juga terkenal dengan sebutan atau gelar “Bunda Tanah Melayu” ini.

Pulau Benan Lokasi Wisata Alami Lingga

Dimana objek wista tersebut berada di Daik Lingga yang memiliki objek wista Istana Damnah, Pemandian Lubuk Papan. Bergeser ke Singkep dan Singkep Pesisir ada sejumlah objek wisata pantai dengan hamparan pasir putih yang masih asri, Pemandian Bartu Ampar, dan Air Terjun Resun, kemudian ada Pemandian Air Panas dan tentunya ada beberapa lokasi wisata kuliner.

Perlu diketahui, objek-objek wisata tersebut ramai di kunjungi pengunjung, saat hari libur nasional, libur keagamaan seperti hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, libur Natal, dan juga libur hari-hari besar lainnya. Sejumlah tempat wisata di Lingga akan dipadati pengunjung sejak pagi hingga sore hari

Lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi rata-rata adalah wisata alami mulai dari sejumlah pantai, air panas dan air terjun. Di wilayah Singkep Pesisir khususnya di pemandian Air Panas yang selama ini selalu menjadi tempat favorit pengunjung.

Salah satu pengelola tempat wisata pemandian Air Panas, Edi mengatakan bila hari libur pengunjung akan ramai, terlebih pada saat hari libur lebaran dimana pengunjung sudah mulai banyak sejak hari pertama lebaran dan puncaknya biasa pada hari kedua, ketiga dan bahkan hari keempat lebaran.

“Biasanya pagi hari sudah ada puluhan kendaraan yang datang untuk berwisata, dan biasanya akan ramai hingga sore hari. Ya tentunya kita bersyukur dengan kondisi seperti itu,” ucapnya.

Hal senada disampikan Aseng, salah satu pengelola objek wisata pantai Todak di Desa Batu Berdaun mengatakan, biasanya bila hari libur objek wisata pantai ini selalu ramai, terlebih bila hari libur nasional, seperti hari libur lebaran Idul Fiteri dan Adha dan hari libur lainnya, bahkan pada pergantian tahun juga akan ramai wisatawan yang datang hingga malam.

“Kalau pantai ini akan ramai dari mulai jam 9 pagi sampai sore masih ramai pengunjung,” katanya.

Sementara Rani salah satu pemilik tempat usaha makanan kuliner di Pantai Indah Sergang mengatakan, bila hari libur khususnya libur nasional pengunjung yang datang jumlahnya ribuan orang yang memadati pantai Indah Sergang ini.

Bahkan wisatawan lokal ada yang datang rombongan satu keluarga, ada juga beberapa kegiatan temu ramah antar alumni yang memanfaatkan moment wisata di hari libur untuk bernostalgia.

“Biasanya, kami kewalahan menyiapkan pesanan makanan dan minuman bila ramai pengunjungnya. Bahkan belum sampai sore beberapa menu sudah habis terjual,” tuturnya.

Banyaknya objek wisata yang luar biasa di Lingga ini tentunya perlu dukungan dari semua pihak, terutama Pemeriantah Kabupaten Lingga untuk melakukan pembenahan infrastruktur pendukung untuk menuju ke lokasi objek-objek wisata tersebut.

“Tempat-tempat wisata kita ini memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan,” sebut Abdi salah satu pengunjung di Pantai Todak.

Sebagimana diketahui Gubernur Kepri Ansar Ahmad sangat konsen dalam pembenahan dan perbaikan objek-objek wisata di semua daerah termasuk di Kabuaten Lingga.

Seperti yang telah dilakukan Pemprov Kepri dengan merevitalisasi Masjid Jami Sultan Lingga yang merupakan sebagai objek wisata religi. Dimana Masjid Jami Sultan Lingga merupakan salah satu masjid peninggalan Kesultanan Melayu Riau-Lingga.

“Kita juga mendukung upaya yang dilakukan Pemda Lingga yang terus berbenah dalam menyiapkan infrastruktur untuk perbaikan akses ke objek wisata di Lingga dan Pemprov Kepri juga tentunya ikut serta dalampembenahan infrastruktur tersebut,” kata Gubernur Ansar.

Wartawan: Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *