oleh

Selain Terendam, Ini Sejumlah Kerusakan Jalanan di Bintan Akibat Banjir

Bintan, Kepridays.co.id-Hujan lebat yang terjadi dalam beberapa hari terakhir tidak hanya membuat beberapa ruas jalan di Kabupaten Bintan terendam hampir sepinggang orang dewasa. Namun juga ada yang mengalami kerusakan seperti abrasi hingga ambles.

Bedasarkan data yang dirangkum Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan ada belasan jalanan yang rusak akibat banjir. Dimulai dari amblesnya Jalur Lama Tanjunguban -Tanjungpinang di Km 51 Desa Sri Bintan.

“Jalanan itu ambles dikarenakan gorong-gorong dibawahnya pecah akibat tekanan atau debit air yang tinggi,” ujar Kepala BPBD Bintan Ramlah, Rabu (8/3/2023).

Kemudian Jalur Lintas Barat di Desa Busung . Hampir setengah bahu jalanan tersebut ambles karena kuatnya tekanan air. Akibatnya jalanan itu tak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat maupun selebihnya.

Berikutnya di Jalur Wacopek. Jalanan yang menghubungkan Kijang-Dompak itu ambles dan nyaris putus. Lalu Jalan Nusantara Km 18, 20, dan 23 juga mengalami ambles pada bagian kanan dan kirinya. Itu disebabkan karena saluran drainase yang menyempitkan akibat sedimentasi.

Begitu juga Jalan Raya Simpang Cikolek Toapaya juga ambles dan beberap jalanan yang retak dan semakin berlubang. Selain itu ada fasum yang mengalami kerusakan dan juga ada pemakaman yang rusak akibat longsor.

“Untuk jalanan yang terendam banjir itu di Jalan Wan Sri Beni Bandar Seri Bentan atau Pusat Pemerintahan Kabupaten Bintan. Lalu Ceruk Ijuk atau Simapang Bingung Toapaya, perbatasan Bintan-Tanjungpnang, Jalan Galang Batang menuju PT BAI serta Jalan Kawasan Industri Lobam,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan Dishub bersama Satlantas Polres Bintan sudah melakukan pengaturan lalu lintas hingga pengalihan jalur agar jalanan itu tidak menelan korban jiwa.

“Untuk jalanan yang mengalami kerusakan itu merupakan jalanan yang berstatus milik provinsi dan nasional,” katanya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemprov Kepri terkait masalahan kerusakan yang timbul akibat banjir ini. Langsung direspon bahkan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah Kepri langsung mengerjakan perbaikannya.

Selain itu, Balai PJN juga telah melakukan pengecekan dan pengkajian terhadap Simpang Bingung Ceruk Ijuk Toapaya dan Jalur Wacopek. Dalam waktu dekat akan dilakukan pemeliharaan serta perbaikan

“Alhamdulillah direspon cepat, karena itu kan statusnya jalan nasional. Maka Dishub dan Satlantas Polres Bintan langsung mengamankan jalan guna aktivitas alat-alat berat dalam perbaikan jalanan,” sebutnya.

Kepala Balai PJN Wilayah Kepri Stanley Cicero H mengaku sudah meninjau langsung kondisi jalan yang rusak. Baik di Busung, Wacopek dan Simpang Bingung Ceruk Ijuk Toapaya.

“Kita sudah cek langsung dan memang harus segera ditangani. Besok akan langsung kita kerjakan agar bisa dilalui sementara. Nanti setelah designya siap, di ACC pusat langsung kita bongkar dan bangun dengan kapasitas gorong yang lebih besar,” ucapnya.(ari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *