oleh

Masjid Agung Natuna Destinasi Wisata Religi Diujung Kepri

Kepri, KepriDays.co.id – Bila berkesempatan bertandang ke Kabupaten Natuna, khususnya ke ibukota Natuna yakni Ranai, maka tidak sah bila tidak mengunjungi Masjid Agung Natuna. Perlu diketahui, Masjid Agung Natuna ini menjadi Kawasan Sterategis Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) juga disebut-sebut masjid ini mirip seperti Taj Mahal di India.

Kenapa masjid agung Natuna ini disamakan dengan Taj Mahal, hal ini karena pembangunannya oleh pemerintah daerah mengadopsi konsep arsitekturnya mirip dengan ikon bangunan bersejarah di India tersebut.

Masjid Agung Natuna ini juga ternyata desainnya terinspirasi dari Masjid Nabawi, yang mana memiliki sungai di depannya. Dimana, pengunjung yang datang akan melihat pemandangan yang elok nan cantik, menjadikan masjid Agung Natuna sebagai destinasi wisata religi di Natuna dan umumnya di Provinsi Kepri.

Selain itu, Masjid Agung Natuna juga merupakan ikon atau simbulnya dari Kabupaten Natuna. Perlu diketahui masjid ini memiliki luas keseluruhan 15,500 Meter persegi. Dengan kemampuan bisa menampung sebanyak 5.000 jema’ah.

Selain itu masjid ini juga dihiasi dengan empat menara masjid yang masing-masing ketinggiannya mencapai 17 Meter, yang tentunya mempercantik dan menambah megah masjid yang didominasi warna hijau dan kuning di bagian kubahnya yang merupakan ciri khas warna dari Melayu.

Masjid Agung Natuna ini merupakan bagian dari Kompleks Gerbang Utara, kawasan yang dipersiapkan sebagai pusat pemerintahan dan bisnis Natuna di wilayah Ranai, yang menjadi ibukota Kabupaten Natuna.

Keasrian dan kemegahan masjid ini semakin terlihat indah dan wah, dimana pemandangan Gunung Ranai yang tinggi menjulang menjadi latar belakang masjid ini, yang tentunya menambah keindahan masjid secara keseluruhan.

Dibagian dalam masjid terlihat pemandangan yang cukup kontras. Bagian tengah ruang diterangi oleh cahaya alami yang bersumber dari kubah masjid.

Penata cahaya ini semakin ditegaskan dengan pencahayaan yang berasal dari dua pintu utama di sisi kanan dan kiri ruangan dengan menghadap ke arah kiblat.

Perlu diketahui masjid ini dilengkapi dengan plaza masjid yang merupakan kesatuan desain dari bangunan dengan lansekap yang sangat luas sehingga mampu menunjang kegiatan besar seperti, MTQ, Shalat Raya Idul Fitri, Idul Adha, bahkan disediakan lokasi manasik haji, pameran dan kegiatan lainnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Raja Hery Mochrizal mengakui bahwa Masjid Agung Natuna merupakan kawasan sterategis pariwisata bagi daerah Natuna dan juga secara keseluruhan bagi Provinsi Kepri.

“Masjid ini menjadi kebanggan bagi masyarakat Natuna dan Kepri, yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat baik pemerataan pembangunan dan perekonomiannya,” kata Hery belum lama ini.

Selain itu terangnya, masjid ini bisa menjadi sebagai pendukung dan pelengkap keberadaan dari objek-objek wisata yang ada di Ranai dan secara keseluruhan yang ada di Kabupaten Natuna.

“Natuna memiliki berbagai objek wisata alam, pantai yang indah dan juga memiliki budaya yang unik yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal dan mancanegara untuk datang ke Natuna,” ujarnya.

Wartawan: Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *