oleh

Vihara Gunung Siantan Anambas Wisata Religi yang Wajib Dikunjungi

Kepri, KepriDays.co.id – Anambas merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang menyimpan beragam potensi wisata yang menakjubkan dan menjadi salah satu daerah kawasan sterategis pariwisata.

Anambas sudah terkenal akan potensi wisata bahari laut dan pantainya, wisata alam yang beragam dan juga wisata budaya lokal dengan kearifannya yang mengesankan. Namun banyak yang belum tau di Anambas juga memiliki objek wisata religi yang saat ini masih menjadi andalan dan ramai di kunjungi wisatawan.

Wisata religi tesebut yakni Vihara Gunung Dewa Siantan yang terletak di Tarempa yang merupakan Ibukota Kabupaten Anambas.

Vihara yang fungsi utamanya sebagai tempat ibadah bagi umat Budha, namun vihara ini dijadikan sebagai objek wisata, sama halnya seperti vihara-vihara yang verdiri megah di Batam dan Tanjungpinang juga wilayah lainnya di Kepri.

Vihara ini berada di Desa Sri Tanjung, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan. Untuk menuju ke lokasi vihara bisa memakai jasa transportasi mobil maupun motor yang setiap harinya ada di pintu keluar Pelabuhan Sri Siantan Tarempa, dari pelabuhan jaraknya hanya 5 kilometer dan bila ditempuh sekitar 10 hingga 15 menit.

Vihara dengan dominasi warna merah ditambah warna kuning, biru dan hijau ini di bagian atapnya ada ukiran naga barhadap-hadapan, sementara di bagian dinding dihiasai lukisan dewa dan dewi yang sangat indah dan detail.

Di dalam vihara juga banyak terdapat patung-patung dewa dan patung Buddha Gautama yang berada dalam ruangan aula yang luas yang tentunya menjadi lokasi utama untuk sembahyang bagi umat budha.

Bila pengunjung menaiki tangga hingga di bagian utama vihara dan memandang sekeliling, maka pengunjung akan terpesona dengan pemandangan alam yang indah kota Tarempa, selain itu di sekeliling vihara juga masih terjaga pepohonan yang menghijau sehingga menambah teduh dan keasriannya.

Pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan rumah-rumah penduduk yang tersusun rapih di pesisir laut dan dari jauh terlihat pulau-pulau yang masih hijau di sekeliling Tarempa.

Di Vihara Gunung Dewa Siantan ini juga pengunjung dapat menikmati pemandangan laut lepas dengan air laut yang biru bersih. Tentunya pemandangan itu menjadi spot untuk berfoto baik sendiri maupun secara berramai-ramai.

Bila pengunjung akan datang ke vihara ini untuk berekreasi pastikan memilih hari yang pas, seperti hari libur keagamaan terutama saat perayaan hari raya Imlek dan Cap Gomeh, dimana suasanannya akan ramai dan meriah dengan adanya pementasan seni dan budaya.

“Lebih rame pengunjung bila datang ke vihara ini pada saat imlek. Banyak orang asli sini yang merantau balik kampung dan sengaja berdoa di vihara ini,” kata Asun warga Tarempa di jumpai di vihara.

Sementara Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri Raja Hery Muchrizal mengatakan potensi wisata di Anambas begitu banyak dan beragam, tinggal bagaimana pihak swasta dan pemerintah daerah mengolah dan memanfatkan potensi yang ada ini sebaik mungkin.

“Anambas tidak hanya memiliki wisata bahari seperti laut, pantai. Tetapi memiliki wisata alam lainnya yang melimpah termasuk wisata religi dengan vihara itu. Tinggal bagimana semua komponen di Anambas bersinergi untuk membangunnya,” katanya.

Hery menambahkan upaya membangkitkan pariwisata di daerah, hal yang perlu dilakukan ialah menarik minat yang sesuai dengan keinginan pengunjung bukan keinginan pengelola daerah.

“Pemerintah provinsi dalam hal ini Pak Gubernur mendukung penuh upaya peningkatan pariwisata di daerah, sebab secara langsung membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Wartawan: Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *