oleh

Selama 4 Bulan 20 Anak Dibawah Umur Jadi Korban Kejahatan Seksual

Bintan, KepriDays.co.id -Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Bintan telah menangani 20 anak dibawah umur korban kejahatan seksual. Mereka semua telah mendapatkan pendampingan sampai dengan penanganan psikologis.

Kepala DP3AKB Bintan, Aupa Samake, mengatakan dari Januari sampai dengan Mei 2023 ini sudah 20 korban kekerasan seksual dan pencabulan ditanganinya. Mereka semua berusia dibawah 18 tahun yang berdomisili di 10 kecamatan.

“Jadi selama lima bulan ini ada beberapa kasus kekerasan seksual terhadap anak di Bintan. Korbannya ada 20 orang yang tersebar di 10 kecamatan,” ujar Aupa di Aula Kantor Bupati Bintan, Selasa (30/5/2023).

Dari total 20 anak yang jadi korban, kata Aupa, paling banyak dari Kecamatan Bintan Timur. Mereka semua sudah diberikan pendampingan. Baik ke psikiater untuk mengetahui psikologisnya hingga merehabilitasi ke UPTD Provinsi Kepri di Kota Tanjungpinang.

“Kita dari DP3AKB bekerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos) untuk menangani kasus anak kekerasan seksual ini,” katanya.

DP3AKB Bintan tidak dapat bekerja sendiri dalam menangani kasus anak terhadap kekerasan seksual ini. Maka dia berharap organisasi masyarakat (ormas) maupun LSM ikut membantu untuk sosialisasi hingga ke perangkat RT/RW sehingga kasus kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur semakin turun.

“Kasus kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur di 2023 terbilang meningkat. Karena dari Januari-Mei, sudah 20 anak jadi korban. Maka kita minta semua elemen masyarakat ikut berperan serta menyebarluaskan informasi dalam pencegahan,” ucapnya.

Wartawan: Ari
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *