oleh

Museum Linggam Cahaya Destinasi Wisata Sejarah Kerajaan Riau-Lingga

Kepri, KepriDays.co.id – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memiliki banyak museum yang dijadikan destinasi wisata sejarah.

Di Kabupaten Lingga ada Museum Linggam Cahaya yang berada di Ibu Kota Daik, Kecamatan Lingga.

Berbeda dengan Mesum di Batam dan Tanjungpinang, Museum Linggam Cahaya hampir keseluruhan koleksinya merupakan benda bersejarah asli atau bukan koleksi replika buatan.

Tak ayal lagi, museum ini kerap mengundang daya tarik wisatawan daerah maupun mancanegara.

Banyaknya wisata sejarah dan budaya di Kabupaten Lingga, membuat museum ini sebagai pusat informasi bagi wisatawan yang ingin mengetahui informasi jelas dan banyaknya obyek bekas peninggalan Kerajaan Riau-Lingga.

Di tempat ini banyak menyimpan ribuan peninggalan sejarah sebagai bukti masa Kerajaan Riau-Lingga di Daik. Tidak tanggung-tanggung, museum ini menyimpan benda peninggalan sejarah lebih kurang sebanyak 5.569 koleksi asli.

Barang Peninggalan Kerajaan Riau-Lingga

Ribuan koleksi ini terkumpul dari pemberian sukarela masyarakat ataupun imbalan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan.

Museum Linggam Cahaya juga memajang busana atau pakaian masyarakat Melayu zaman kerajaan. Berbagai jenis pakaian busana ini tampak tersusun rapi di dalam sebuah lemari kaca.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira, museum ini telah menjadi wisata sejarah edukasi yang sangat bermanfaat.

“Sembari memperkenalkan budaya, juga selalu mengingatkan kita pada sejarah,” sebutnya.

Sehingga, setiap pengunjung yang datang bisa dapat melihat langsung barang-barang peninggalan sejarah.

“Ini tentu harus terus dijaga. Sebab museum juga menjadi daya tarik kunjungan wisata,” ujarnya.

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *