oleh

HUT Ke-6 AJI Tanjungpinang: Ini Pemenang Lomba Menulis Artikel

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang mengumumkan sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba menulis artikel #6tahunajitanjungpinang Tingkat SMA/SMK, MA dan Mahasiswa di Orang Roemah Coffee & Eatery, Km 12, Kota Tanjungpinang, Minggu (18/2/2024).

Penyerahan hadiah dilakukan oleh Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan bersama Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani, Sekretaris AJI Tanjungpinang, Sutana, dan Majelis Etik (ME) AJI Tanjungpinang, Kurnia Syaifullah.

Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani mengatakan, para pemenang dalam lomba ini merupakan hasil penilaian dewan juri yakni Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) AJI Tanjungpinang, Nikolas Panama, dan Anggota MPO AJI Tanjungpinang, Andri Mediansyah.

“Setelah melewati masa penilaian selama satu pekan sejak 28 Januari 2024 hingga 3 Februari 2024, dari 44 naskah yang masuk para juri akhirnya menetapkan 6 peserta dari masing-masing kategori sebagai pemenang dalam kompetisi ini,” katanya.

Para pemenang dalam lomba ini lanjutnya, berhak mendapatkan hadiah uang tunai serta piagam penghargaan dari AJI Tanjungpinang. Selain itu, karya para pemenang dalam lomba ini akan dibukukan dalam e-book kompilasi karya pemenang lomba menulis artikel #6tahunajitanjungpinang.

“Peluncuran e-book tersebut rencananya akan dilaksanakan pada saat Konferta ke-3 AJI Tanjungpinang, pada Juni 2024,” jelasnya.

Kepada para peserta yang belum berhasil Jailani, berharap agar perlombaan ini bisa menjadi pengalaman serta pemantik semangat untuk bisa terus berkarya.

“Jangan berhenti untuk belajar menulis. Kami ajak kepada adik-adik agar senantiasa memanfaatkan berbagai momen perlombaan lainnya untuk terus mengasah kemampuan,” ajaknya.

AJI Tanjungpinang lanjutnya, juga membuka ruang bagi para pelajar, mahasiswa maupun guru yang ingin belajar lebih jauh dalam kepenulisan.

“Karena kami meyakini bahwa kemampuan menulis adalah salah satu skill yang harus dimiliki di era saat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, mengapresiasi lomba yang digagas oleh AJI Tanjungpinang. Menurutnya, lomba ini menjadi salah satu cara untuk menggali potensi atau bakat menulis bagi pelajar dan mahasiswa di Kota Tanjungpinang.

“Ini juga tentunya bisa menjadi referensi bagi  pemerintah untuk mendorong generasi muda yang memiliki minat dan bakat dalam kepenulisan,” sebutnya.

Hasan juga berharap, kegiatan serupa bisa konsisten dilakukan. Selain untuk meningkatkan minat mahasiswa dan siswa dalam dunia menulis,  hal ini juga betujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

“Selain itu karya yang dihasilkan tentunya bisa menjadi saran dan masukan bagi pemerintah untuk menuju sebuah perubahan yang lebih baik,” tuturnya.

Berikut Daftar Pemenang Lomba Menulis Artikel #6tahunajitanjungpinang Tingkat SMA/SMK, MA dan Mahasiswa :

I. Tingkat Mahasiswa :

– Juara 1
Nama : Mimi Audia Zulha
Asal Kampus : UMRAH Tanjungpinang
Judul Artikel : Do Re MI Gejolak Tahun Politik! Tidak Menyurutkan Keharmonisan Keberagaman Indonesia

– Juara 2
Nama : Ramadillah
Asal Kampus : STAI MAMU Tanjungpinang
Judul Artikel :  Pendidikan Sebagai Pilar UtamaMembangun Masyarakat yang Menghargai Keberagaman di Tengah Tantangan Politik

–  Juara 3
Nama : Herdiansyah
Asal Kampus : STAI MAMU Tanjungpinang
Judul Artikel : Merajut Persatuan untuk Masa Depan yang Lebih Baik

II. Tingkat SMA/SMK, MA

–  Juara 1
Nama : Natasya Aulia Zahra Desrianda
Asal Sekolah : SMA N 1 Tanjungpinang
Judul Artikel : Ungkapan Melayu Sebagai Penjaga Keberagaman di  Tahun Politik

– Juara 2
Nama : Luthfi Arzaqi
Asal Sekolah : MAN Tanjungpinang
Judul Artikel : Peran Strategis Gen Z di Tahun Politik Sukseskan Pemilu, Pondasinya Keberagaman

– Juara 3
Nama : Fastu NadyaProgresiva Lirrm
Asal Sekolah : MAN Tanjungpinang
Judul Artikel : Pemilu Panggung Menyulut Semangat Bhinneka Tunggal Ika

Wartawan: Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *