oleh

Bank DBS Indonesia Raih Penghargaan Berskala Internasional

Jakarta, KepriDays.co.id – Bank DBS Indonesia senantiasa berupaya mempertahankan kinerja dan pertumbuhan perusahaan. Untuk mencapai tujuan ini, banyak inisiatif strategis dilaksanakan oleh Bank DBS Indonesia melalui unit Institutional Banking Group (IBG).

Dengan portofolio klien perusahaan nasional maupun multinasional, IBG berkomitmen untuk meningkatkan kemampuannya sebagai penasihat tepercaya dalam memahami kebutuhan bisnis klien dengan menawarkan solusi perbankan komprehensif yang sesuai dengan karakteristik bisnis dan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Pada awal tahun 2024, Bank DBS Indonesia melalui unit bisnis ini menerima penghargaan bergengsi berskala internasional dari The Asset dan Greenwich atas kinerja dan performa dalam penyaluran pembiayaan Sustainability Loan serta perjanjian kerja sama bertema Environmental, Social, and Governance (ESG) yang dilakukan selama tahun 2023. Penghargaan ini menunjukkan peran Bank DBS Indonesia sebagai mitra dalam mendorong praktik bisnis yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Head of Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia Kunardy Lie menyatakan, pihaknya merasa bangga dan terhormat bahwa Bank DBS Indonesia memperoleh pengakuan atas komitmen dan kinerja dalam mendorong praktik bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

“Kami menyadari bahwa pelaku industri memerlukan mitra dan penasihat tepercaya yang dapat diandalkan untuk bertransisi menuju bisnis yang lebih hijau, dan Bank DBS Indonesia berperan untuk memenuhi kebutuhan ini. Kami berkomitmen untuk selalu mempertimbangkan ekonomi hijau dari komitmen dan strategi mereka dan menawarkan berbagai fasilitas pembiayaan berkelanjutan seperti sustainable loan atau sustainability-linked loan. Seluruh upaya ini kami jalankan untuk mendukung pemerintah dalam mempercepat transisi menuju ekonomi ramah lingkungan,” katanya.

Beberapa kategori yang dimenangkan Bank DBS Indonesia dari Triple A Awards for Sustainable Finance oleh The Asset di antaranya adalah Best Sustainability-linked Loan for NBFI sector dan Best Green Utility.

Pada tahun 2023, Bank DBS Indonesia telah memberikan beberapa fasilitas pembiayaan, beberapa di antaranya adalah:

– PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI), untuk membiayai pinjaman berjangka sindikasi luar negeri senilai USD700 juta yang telah jatuh tempo. Pembiayaan ini akan mendanai proyek-proyek yang sedang berjalan serta pembiayaan baru, terutama untuk proyek-proyek infrastruktur berkelanjutan di Indonesia.

– PT Indomobil, dengan pembiayaan sebesar USD16 juta untuk mendorong agenda keberlanjutan pemerintah melalui mobil listrik. Melalui pembiayaan ini, Bank DBS Indonesia mendukung percepatan pembelian kendaraan listrik yang lebih rendah karbon untuk mendukung realisasi ekonomi hijau.

– PT TBS Energi Utama, dengan pembiayaan oleh Bank DBS Indonesia dan DBS Bank Ltd (DBS) sebesar USD33 juta untuk pembiayaan akuisisi Asia Medical Enviro Services, sebuah perusahaan rintisan dan terbesar yang berfokus pada layanan limbah medis di Singapura.

– State Grid (Corporation of China), di mana Bank DBS Indonesia berperan sebagai Lead Arranger, Facility and Security Agent, Account Bank, dan Green Loan Advisor untuk memberikan pinjaman sebesar USD100 juta kepada China Electric Power Equipment and Technology Co. Ltd. untuk meningkatkan efisiensi energi pertama dan menegaskan posisi Bank DBS Indonesia.

Lebih dari itu, Bank DBS Indonesia juga dianugerahi titel Best Loan Advisor oleh The Asset dalam Triple A Awards. Penghargaan ini merupakan pengakuan dan apresiasi terhadap kesuksesan unit IBG Bank DBS Indonesia sebagai Sole Coordinator untuk 3 fundraising di Pertamina Group, baik di level holding yakni Pertamina (Persero) maupun di level subholding yakni Pertamina Hulu Energi sepanjang tahun 2022 hingga 2023. Sebelumnya pada tahun 2023, unit IBG juga memperoleh penghargaan 2023 Best Foreign Investment Bank in Indonesia dari Global Finance.

Dalam komitmennya akan keberlanjutan, Bank DBS Indonesia memiliki tiga pilar yang menjadi landasan, yakni Responsible Banking yang berfokus untuk menghadirkan produk perbankan yang bertanggung jawab, Responsible Business Practice yang menitikberatkan upaya bank dalam menjalankan operasional bisnis yang lebih hijau, serta Impact Beyond Banking, di mana bank berkomitmen untuk memberi kontribusi positif bagi masyarakat luas.

Selain layanan keuangan, Bank DBS Indonesia percaya bahwa pengalaman nasabah juga merupakan aspek penting dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Melalui penghargaan Greenwich Leaders 2024, Bank DBS Indonesia mendapat pengakuan sebagai peringkat satu di Indonesia dalam kategori Large Corporate Coverage Customer Satisfaction Quality yang menekankan komitmen bank untuk terus mengedepankan pelayanan perbankan secara menyeluruh.

Hal ini menunjukkan bahwa Bank DBS Indonesia berhasil memberikan pengalaman pelanggan yang unggul dan konsisten, serta menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam memberikan layanan yang berkualitas dan tepercaya di pasar perbankan Indonesia.

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *