oleh

12 Ribu Warga Bintan Belum Dicoklit

Bintan, KepriDays.co.id – KPU Bintan mengklaim proses pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan Petugas Pemuktahiran Data Pelihan (Pantarlih) sudah mencapai 90,35 persen.

Komisioner KPU Bintan, Ahmad Fauzi, mengatakan sebanyak 464 petugas pantarlih melakukan coklit di seluruh desa dan kelurahan yang tersebar di 10 kecamatan.Coklit tersebut dilakukan sejak 24 Juni sampai dengan 24 Juli 2024.

“Dari 24 Juni sampai hari ini pelaksanaan coklit sudah sampai 90,35 persen. Jadi tinggal 9,65 persen lagi,” ujar Ahmad Fauzi, Rabu (10/7/2024).

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Bintan sebanyak 125.265 orang. Sementara yang sudah dicoklit itu sebanyak 90,35 persen atau sekitar 113.180 orang. Sedangkan yang belum dicoklit sebanyak 9,65 persen atau sekitar 12.085 orang.

“Jadi ada 12 ribu lebih warga yang belum dicoklit sampai hari ini,” jelasnya.

Disinggung soal penyebab belasan ribu warga belum dicoklit. Ahmad Fauzi mengaku disebabkan banyak warga yang tidak ada di rumah. Diantaranya ada yang bekerja, pulang kampung, pergi berwisata ke luar kota dan kesibukan lainnya di luar rumah.

“Penyebab utamanya adalah warga tidak berada di rumah apalagi masih libur sekolah sehingga petugas pantarlih tidak bisa mencoklit,” katanya.

Dari 10 kecamatan, kata Ahmad Fauzi, baru dua kecamatan yang sudah di coklit 100 persen. Yaitu Kecamatan Bintan Pesisir dan Kecamatan Mantang.

Sementara kecamatan lainnya masih dibawah 90 persen meliputi Kecamatan Bintan Utara, Bintan Timur, Tambelan, Seri Kuala Lobam, Teluk Sebong, Toapaya, Teluk Bintan, dan Gunung Kijang.

“Meskipun masih 12 ribuan lagi yang belum dicoklit. Kami targetkan 20 Juni proses coklit sudah selesai 100 persen,” ucapnya.

Wartawan: Ari
Editor : Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *